VOKASI UNAIR

Kontribusi Mahasiswa Dalam Pengembangan BUMDes Mutiara Welirang mitra PT Syncore Indonesia Melalui Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) JC GAS Customer Relation Management

Potret Zubaidah Diniyah bersama tim dan pengurus BUMDes Mutiara Welirang mitra PT Syncore Indonesia di Kantor BUMDesa, Desa Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur

VOKASI NEWS – PT Syncore Indonesia menawarkan program magang melalui Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka atau MBKM. MBKM merupakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan di dalam maupun di luar bidang keahliannya.

Salah satu mitra dari program ini adalah PT Syncore Indonesia. Perusahaan tersebut menawarkan program “Junior Consultant For Governance, Accountability, and Sustainability” (JC GAS) – Batch 3″ sebagai kesempatan magang bagi mahasiswa.

baca juga cerita pengalaman magang mahasiswa lainnya

Sebagai seorang Junior Consultant, mahasiswa yang bergabung dengan PT Syncore Indonesia akan membantu mitra BUMDes dari perusahaan ini di pulau Jawa. Tugas mereka meliputi mendampingi dan memberikan dukungan sebagai tenaga ahli di bidang pelayanan pelanggan, pembuatan video promosi, memberikan pelatihan tata cara pelayanan kepada pengunjung wisata, menyusun database pelanggan, dan menjaga aktivitas dengan pelanggan baik pasca maupun pra penjualan. Salah satu proyek yang dilakukan oleh mahasiswa magang adalah melakukan survey kepuasan pelanggan di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame.

Lingkup pekerjaan Divisi Customer Relationship Management pada unit usaha pariwisata di mitra Syncore BUMDes Mutiara Welirang Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Meliputi Product Knowledge, Pengelolaan Database Pelanggan, dan Survey Kepuasan Pelanggan. Setiap mahasiswa magang diharapkan dapat memberikan pendampingan kepada BUMDes masing-masing untuk dapat berkembang dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada sesuai dengan divisi atau kompetensi yang diambil.

Selama kegiatan magang, mahasiswa magang mengobservasi pelayanan dan sarana prasarana di Taman Ganjaran dan Wisata Sumbergempong. Selain itu, mereka memberikan beberapa masukan terkait dengan pengelolaan wisata di kedua tempat tersebut.

Menurut Bapak Herwanto, selaku Direktur BUMDes Mutiara Welirang, kehadiran mahasiswa magang Junior Consultant telah memberikan banyak bantuan bagi BUMDes. Ia berharap agar program magang ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga. Selain itu, program ini juga mendukung pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning), yang sangat penting dalam mempersiapkan mereka untuk bekerja di dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

Penulis: Zubaidah Diniyah

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!