VOKASI UNAIR

Pembelajaran Prodi K3 Unair Berbasis Case Study Melalui Site Visit ke HCML Pasuruan

VOKASI NEWS – (17/05/2023) Mahasiswa Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melakukan kunjungan industri di GMS Husky CNOOC Madura Limited (HCML), Pasuruan. Kegiatan site visit ini merupakan salah satu agenda praktikum mata kuliah Process Safety dengan tujuan memberikan wawasan serta pengalaman kepada mahasiswa di bidang industri sebelum menjalani praktek kerja lapangan (PKL) dan magang.

Husky CNOOC Madura Limited (HCML) merupakan salah satu industri hulu migas yang proses produksinya dimulai dari pengeboran, pengolahan, pemisahan gas hingga dapat dijual dan disalurkan ke industri maupun rumah – rumah warga. Perusahaan tersebut juga salah satu pemasok gas terbesar di Jawa Timur.

Site Visit ini diikuti oleh seluruh mahasiswa K3 angkatan 2021 yang terbagi dalam 4 trip dengan tanggal pelaksanaan berbeda. Dalam kegiatan ini, Septyani Prihatiningsih S.KM,. M.KKK selaku PJMK mata kuliah Process Safety dan Wadek I Fakultas Vokasi UNAIR, Tika Widiastuti S.E., M.Si berkesempatan mendampingi mahasiswa dalam kunjungan industri. Kegiatan ini disambut hangat dan diapresiasi oleh SKK Migas regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Kegiatan site visit dibuka dengan sambutan HSE HCML, Bapak I Putu dilanjutkan dengan penayangan video HSSE Induction GMS HCML, Pasuruan. Selepas itu, pemaparan materi mengenai profil perusahaan, operational di GMS dan GMS safety terkait loss prevention philosophy serta dilanjutkan dengan kunjungan ke area produksi GMS HCML.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberikan pembekalan penting mengenai process safety yang diterapkan di GMS HCML Pasuruan dan implementasi secara nyata Piping and Instrumentation Diagram (P&ID) di GMS mulai dari bentuk shut down valve yang diperuntukkan untuk mencegah terjadinya ledakan dan kejadian katrastropik lainnya, aliran flow dari tahapan eksplorasi menuju ke buyers serta lambang-lambang lain di gambar P&ID seperti level controller.

Kegiatan berlangsung selama 3 jam dan selesai tepat pada pukul 1 siang dengan diakhiri pemberian cinderamata oleh HCML Pasuruan kepada Fakultas Vokasi UNAIR. Mahasiswa terlihat sangat antusias dan menikmati proses kunjungan industri yang terlihat dari raut wajah mereka. Muizatul Oktavia, salah satu peserta kunjungan mengatakan kegiatan ini sangat berkesan dan berharap dapat diselenggarakan secara berkelanjutan dengan sektor industri yang berbeda.

“Dengan site visit ini saya menjadi tahu bentuk implementasi secara real P&ID di industri migas secara langsung mulai dari bentuk valve, tangki hingga sistem penangkal petir”, pungkas Muizatul Oktavia.

Adanya site visit ini, mahasiswa diharapkan bisa lebih mengetahui dan mengenal penerapan process safety di dunia industri serta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam dunia kerja nantinya. Selain itu, dapat menjadi bekal dan persiapan mahasiswa sebelum menjalani PKL dan Magang.

Penulis : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!