VOKASI UNAIR

Rancang Inovasi Sistem Flexible Axis, Mahasiswa Vokasi Unair Raih Juara 2 PILMAPRES LLDIKTI VII

VOKASI NEWS – Prestasi kembali diukir oleh mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yaitu Mimi Azmita, mahasiswa program studi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (TRIK). Ia meraih peringkat kedua dalam ajang Pemilihan Mahasisiwa Berprestasi (PILMAPRES) wilayah LLDIKTI-VII Jawa Timur 2023 yang berlangsung pada tanggal 8 – 10 Mei 2023.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) merupakan salah satu ajang talenta yang rutin diselenggaakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbduristek pada setiap tahunnya. Tujuan PILMAPRES yakni meningkatkan kreativitas dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Mimi mengatakan telah melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari seleksi tingkat program studi, fakultas hingga universitas sebelum meraih gelar dalam ajang tersebut. Selanjutnya, ia juga akan melakukan seleksi lanjutan PILMAPRES tingkat nasional.

Dalam ajang PILMAPRES Provinsi tersebut, Mimi Azmita membawa inovasi panel surya dengan sistem flexible axis. Sistem flexible axis ini telah dirancang sejak Agustus 2022 dengan menggunakan mikrokontroler berbasis ardiuno uno. Dengan sistem flexible axis di panel surya tersebut dapat mengikuti arah sinar matahari berdasarkan sudutnya, sehingga penangkapan sinar matahari dapat lebih optimal dan daya yang dihasilkan besar. Mimi mengatakan bahwa sistem tersebut juga telah mendapatkan hak paten dan HAKI.

Prestasi Mimi tersebut mendapatkan dukungan dari pihak fakultas khususnya Dekan Fakultas Vokasi UNAIR, Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes yang menegaskan memberikan dukungan penuh dengan menerjunkan tim dosen pendamping dan memfasilitasi project yang dibuat. Terakhir, ia berpesan kepada Mimi untuk menjadi mahaisiwa yang berprestasi dalam bidangnya.

“Jadilah Mahasiswa berprestasi dibidangnya sehingga dapat menginspirasi mahaisiswa Vokasi Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!