VOKASI UNAIR

Safari Bank 2023 : D4 Perbankan dan Keuangan Visit to Bank Indonesia KPw Jawa Timur

VOKASI NEWS – Bank Indonesia merupakan bank sentral negara Indonesia yang memiliki satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia bertugas untuk mengelola tiga bidang yakni Moneter, Sistem Pembayaran dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Pada tanggal 10 Mei 2023 Program Studi D4 Perbankan dan Keuangan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga berkesempatan untuk melakukan kunjungan ( PB Study Visit ) ke kantor Bank Indonesia KPw Jawa Timur yang terletak di Kota Surabaya. Kunjungan ini merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh 105 Mahasiswa dari angkatan 2021 dan 2022 serta 3 dosen pendamping.

Kunjungan Prodi D4 Perbankan dan Keuangan ke kantor Bank Indonesia KPw Jawa Timur ini memiliki tema “Edukasi Kebanksentralan” dimana para peserta diberi materi seputar kebanksentralan, sistem pembayaran non tunai serta bagaimana seharusnya memperlakukan uang rupiah dengan baik dan benar. Acara kunjungan ini dibuka dengan sambutan hangat masing – masing perwakilan, Program Studi D4 Perbankan dan Keuangan Fakultas Vokasi diwakilkan oleh Ibu Elva Farihah, S.E., M.SM selaku Pembina Hima dan dari pihak Bank Indonesia diwakilkan oleh Ibu Siti Rohmawati selaku Asisten Direktur KPw Bank Indonesia Jawa Timur.

Acara kunjungan ini berlangsung selama 3 jam ddengan rangkaian kegiatan seperti pemaparan materi, tanya jawab dan kuis berhadiah. Kuis berlangsung sangat interaktif karena antusiasme dari para peserta kunjungan untuk mengajukan pertanyaan secara langsung terkait materi yang telah disampaikan sangat tinggi. Mengingat materi yang disampikan sangat relate dengan mata kuliah di Prodi Perbankan dan Keuangan.

Para peserta mengaku antusias dengan kegiatan kunjungan ini karena selain menambah pengetahuan dan ilmu para peserta juga dapat memiliki pengalaman berkunjung dan melihat seperti apa kantor Bank Indonesia secara langsung serta berkesempatan mendapat cinderamata dari Bank Indonesia bagi peserta yang aktif bertanya dan menjawab kuis.

Penulis : Nia Dwi

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!