VOKASI UNAIR

D3 Perpustakaan FV Unair Adakan Joint Class Programme Bersama Camarines Sur Polytechnic Colleges, Filipina

VOKASI NEWS – (04/05/2023) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga kembali menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Kali ini, D3 Perpustakaan FV Unair mengadakan kerja sama dengan Camarines Sur Polytechnic Colleges, Filipina. Dengan kerja sama ini, D3 Perpustakaan mengadakan Joint Class Programme mengenai ilmu bidang keperpustakaan. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Google Meeting dengan diikuti oleh mahasiswa Camarines Sur Polytechnic Colleges, Filipina.

Joint Class Programme merupakan program yang digagas Universitas Airlangga dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi dengan sesama akademisi lain. Joint Class Programme diharapkan dapat mengembangkan kompetensi antarbudaya dan keterampilan digital para akademisi melalui kegiatan pembelajaran kolaboratif dan multikultural.

Dalam kegiatan ini, Dyah Puspitasari Sri Rahayu, S.Kom., M.Hum, salah satu dosen D3 Perpustakaan berkesempatan menjadi pemateri untuk berbagi ilmu mengenai bidang perpustakaan dengan materi “Library Facilities”. Beliau memaparkan bahwa perpustakaan merupakan pusat informasi yang dapat membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan pengetahuannya melalui bahan bacaan. Perpustakaan sendiri memiliki 3 komponen penting yakni melayani, fasilitas, dan koleksi.

Beliau juga menjelaskan terdapat 5 jenis Perpustakaan yaitu perpustakaan nasional, perpustakaan public, perpustakaan sekolah/madrasah, perpustakaan kampus, dan perpustakaan special. Dengan berbagai jenis perpustakaan tersebut, berbeda pula tujuan dan tugasnya.

Di kegiatan kali ini, Dyah Puspitasari Sri Rahayu, S.Kom., M.Hum juga memberikan contoh mengenai koleksi dan tujuan perpustakaan di berbagai tempat, mulai dari perpustakaan Bank Indonesia, Perpustakaan Karyawan Sampoerna, hingga Pusat Informasi Kompas. Selain itu, juga memberikan tips untuk menggalakan program literasi informasi salah satunya yakni dengan promosi perpustakaan.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa Camarines Sur Polytechnic Colleges, Filipina dalam memperluas wawasan dan pengetahuan di bidang perpustakaan, serta mempererat kerjasama antara Universitas Airlangga dan Camarines Sur Polytechnic Colleges, Filipina. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan capaian fakultas dalam bidang staff outbound.

Penulis : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!