VOKASI UNAIR

Guna Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa, Perpustakaan SDN Kertajaya IV Surabaya Memiliki Program Kegiatan Literasi yang Terjadwal

Kegiatan pemutaran film

VOKASI NEWS – Literasi adalah kemampuan untuk membaca, menulis dan membangun komunikasi. Membaca salah satu kegiatan dalam berliterasi. Membaca merupakan keterampilan dalam proses pembelajaran karena membaca siswa dapat memperoleh berbagai sumber informasi.

Literasi dapat menjadi sarana bagi siswa dalam mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan nilai mata pelajaran dan meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir. Melalui membaca siswa dapat menyerap pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupannya. Literasi yang tertanam dalam diri siswa memengaruhi tingkat keberhasilan. Literasi memerlukan dorongan dan motivasi yang tinggi, karena sangat lemahnya minat pembaca. Kurangnya minat literasi tentu akan berdampak buruk pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Perpustakaan SDN Kertajaya IV Surabaya menerapkan kegiatan literasi yang selalu terjadwal setiap harinya. Kegiatan literasi ini mencakup semua siswa-siswi SDN Kertajaya IV secara bergantian tiap harinya dengan berbagai macam kegiatan.

Pertama, menonton film cerita rakyat lalu para siswa ditugaskan untuk menceritakan kembali jalan cerita dari film tersebut. Kedua, mencari sepuluh informasi yang ada dibuku. Ketiga, membuat boneka tangan dari kaos kaki yang dimana ini adalah salah satu kegiatan favorit bagi para siswa.

Keempat, menampilkan sebuah drama yang dilakukan secara berkelompok. Pada saat menampilkan drama, beberapa siswa terlihat menjiwai karakter yang mereka ambil serta memiliki properti yang lengkap, jadi drama yang mereka bawakan terlihat bagus.

Kelima, permainan acak kata. Permainan acak kata ini untuk kelas 1 sampai kelas 3, yang dimana mereka terlihat antusias saat menebak-nebak penyusunan kata yang benar.

Keenam, soal “Caraka” yang berarti “Cari Arti Kata”, yang dimana kumpulan soal istilah-istilah terkait film cerita rakyat yang sebelumnya harus mereka tonton dan menyimak dengan baik dari awal hingga akhir video. Setelah video selesai akan dibagikan kamus terjemahan ke semua kelompok untuk menjawab soal arti istilah-istilah tersebut.

Pengelolaan program literasi yang baik berdampak pada siswa dimaksudkan untuk mewujudkan kepemimpinan siswa. Program ini dilakukan dengan harapan siswa dapat meningkatkan minat baca, mampu mengekpresikan dirinya dengan ide-ide dan pengetahuan yang menarik, serta bisa mengembangkan potensi atau bakat yang di milikinya. Selain itu, alasan utama dibalik program ini adalah dapat terwujudnya student wellbeing dan perkembangan murid secara holistik, murid yang bahagia serta memiliki nilai – nilai pribadi yang unggul, berbudaya dan memiliki karakter profil pelajar pancasila.

Penulis : Rahmah Maulida

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!