VOKASI UNAIR

Mahasiswa Vokasi D-III Perpustakaan Berbagi Pengalaman Selama Magang di SMPN 1 Karanggeneng.

VOKASI NEWS – Selama tiga bulan lamanya, Andhien Alifiyah Nurrahmah yang merupakan seorang mahasiswi Program Studi D-III Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, telah selesai melaksanakan kegiatan magang di Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneg, Lamongan. Kegiatan magang ini Dimulai sejak tanggal 2 Januari 2023 dan berakhir pada 31 Maret 2023. Hal yang mendasari dipilihnya Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng sebagai tempat magang adalah atas dasar keinginan sendiri untuk mengetahui bagaimana manajemen pengolahan bahan Pustaka dan informasi yang ada di Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng. Atas bimbingan dari Ragil Tri Atmi S.IIP., M.A selaku dosen pembimbing dan Nur Kadiningrum, S.Pd. selaku Kepala Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng, penulis dapat menyelesaikan magang dengan baik.

Selama tiga bulan melakukan kegiatan magang di Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng tersebut, penulis diajak untuk melakukan kegiatan – kegiatan manajemen pengolahan perpustakaan, seperti kegiatan stock opname, pembuatan buku induk, pengolahan koleksi buku baru, pelayanan bidang front office, pembuatan aplikasi perpustakaan digital, dan diajak untuk ikut serta dalam kegiatan literasi siswa SMPN 1 Karanggeneng. Dari kegiatan-kegiatan yang pernah penulis lakukan selama pelaksanaan magang di Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng, beberapa kegiatan yang paling berkesan bagi penulis adalah yang pertama saat melakukan kegiatan stock opname.

Selama kegiatan stock opname, buku-buku yang ada di masing-masing rak dikeluarkan satu persatu dan kemudian dijajarkan di lantai, dengan tujuan mengetahui jumlah eksemplar yang ada pada masing-masing judul koleksi yang dimiliki. Setalah melakukan penjajaran tersebut dan diketahui masing-masing jumlah eksemplarnya, selanjutnya adalah melakukan pendataan pada excel. Pada tahap ini beberapa data yang dibutuhkan untuk di input kedalam sistem excel antara lain no.induk koleksi, judul, nama pengarang, penerbit, kota terbit, tahun terbit, ISBN, nomor klasifikasi, jumlah eksemplar, jumlah halaman, dan ukuran buku. Kegiatan stock opname dan input data ke excel ini berlangsung selama lebih dari satu bulan.

Kegiatan yang berkesan lainnya adalah saat diajak ikut serta dalam program literasi siswa, program ini sudah ada diterapkan oleh pihak sekolah cukup lama dan masih terus berjalan dari tahun ke tahun hingga sekarang. Program literasi tersebut memiliki dua fokus kegiatan, yaitu kegiatan literasi harian dan kegiatan jumat literasi yang diadakan setiap satu bulan sekali. Program literasi ini berisi kegiatan utama yaitu setiap siswa-siswi diperkenankan untuk membaca buku untuk kemudian dirangkum ke buku literasi.

Selanjutnya buku literasi tersebut akan disetorkan ke petugas perpustakaan untuk dilakukan penilaian dan perhitungan skor setiap minggunya. Setiap judul rangkuman memiliki nilai satu dan setiap tiga judul rangkuman setiap siswa akan mendapatkan kupon berhadiah menarik yang biasanya akan diumumkan saat acara puncak pada hari kartini atau tepatnya pada tanggal 21 April setelah pelaksanaan upacara bendera, dan skor tersebut berlaku pada setiap kelipatannya. Kemudian siswa yang berhasil mengumpulkan sembilan judul rangkuman akan diberikan hadiah tambahan yaitu berupa alat tulis bolpoin. Pemberian hadiah-hadiah tersebut

diaharapkan dapat menjadi faktor pendukung siswa dapat semangat membaca buku dan merangkum untuk menanamkan kebiasaan gemar membaca dan menulis. Siswa-siswi SMPN 1 Karanggeneng banyak yang sangat antusias dengan program ini, hal ini dibuktikan dari
banyaknya total skor individu dan skor kelas setiap minggu bahkan bulannya, selain itu juga setiap acara puncak perpustakaan terdapat banyak sekali kategori pemenang program literasi perpustakaan.

Banyak harapan dan kesan baik dari pihak sekolah khususnya pihak perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng kepada penulis baik selama maupun setelah penulis melaksanakan kegiatan magang di SMPN 1 Karanggeneng.

“Terima kasih atas pengabdiannya selama tiga bulan ini di Perpustakaan SMPN 1 Karanggeneng ini dan semoga semakin berkah kerjasamanya, semakin erat tali persaudaraan baik antara kita maupun antar instansi, dan semoga semakin bermanfaat ilmunya.” Pungkasnya.

Penulis: Andhien Alifiyah Nurrahmah

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!