VOKASI UNAIR

AIRLC 2023: Peran Perpustakaan dan Arsip Mencapai SDGs 2030

Foto bersama para tamu undangan, pemateri, peserta dan panitia dalam webinar Airlangga Record and Library Conference (AIRLC) 3.0

VOKASI NEWS – Airlangga Record and Library Conference (AIRLC) 3.0 kembali digelar Himpunan Mahasiswa D3 Perpustakaan pada Sabtu, (3/6/2023) secara daring melalui zoom meeting. Webinar yang dihadiri lebih dari 150 peserta ini mengangkat tema “Peran Perpustakaan dan Arsip sebagai Mitra Strategis Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs 2030)”.

Acara dibuka oleh MC, Nasywa Khosibah pada pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh Wadek 1 Fakultas Vokasi, Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si., Kepala Program Studi D3 Perpustakaan, Dessy Harisanty, S.Sos., MA. dan kedua pemateri. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga.

Dalam Webinar “Airlangga Record And Library Conference (AIRLC) 2023” menghadirkan dua pemateri yaitu Bapak Amirul Ulum, M.I.P dengan materi “Peran Perpustakaan Sebagai Mitra Strategis dalam Mencapai Tujuan SDGs 2030” dan Ibu Wawat Setiawati, S.I.P dengan materi “Arsip Sebagai Bukti Capaian Kinerja Organisasi” 

Seminar Nasional AIRLC 2023

Bapak Amirul Ulum, M.I.P menyatakan bahwa perpustakaan setidaknya memiliki keterikatan atau keterkaitan dengan 3 poin SDGs untuk itu perpustakaan perlu mengetahui terkait dengan visi, misi dan mengimplementasikannya dalam kebijakan koleksi.

Perpustakaan dapat melakukan pengembangan dengan melihat kebutuhan user. Selain itu, perpustakaan harus memperhatikan pengemasan akses informasi elektronik untuk lebih mudah disebarkan kepada masyarakat yang mencakup tentang sosial. 

Kemudian pada materi kearsipan, Ibu Wawat Setiawati, S.I.P menyatakan bahwa kinerja organisasi yang baik, capaiannya dapat dilihat dari catatan arsipnya yang terberkaskan dari sejak awal terciptanya alat ukur yang berbeda, jenis dokumen yang berbeda dan pengelolaan arsip yang berbeda.

Pemberkasan arsip yang baik akan menghasilkan fisik arsip yang tertata dan terpelihara, informasi arsip yang terselamatkan memudahkan pembuatan data yang lengkap dan akurat serta tersusunnya daftar arsip aktif. Adapun jenis arsip yang tercipta dari kegiatan SDGs, yaitu arsip konvensional atau kertas, arsip foto, arsip film, arsip peta dan arsip elektronik.

“Arsip merupakan sumber informasi penting yang harus terus dirawat. Teknologi dapat menyelamatkan arsip dengan melakukan pemindahan informasi pada arsip sesuai dengan perkembangan teknologi yang dimiliki oleh institusi tersebut. Untuk itu pengelola sangat perlu untuk terus meningkatkan kompetensi dan harus mempelajari terkait IT agar arsip tetap terjaga dan aman dari pencurian.”

Penulis: Linda Khairunisa dan Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!