VOKASI UNAIR

Peringati Dies Natalis ke-9, Vokasi Berkomitmen Mencetak Sumber Daya Manusia Unggul Siap Kerja

 

VOKASI NEWS – Setiap tahun, Dies Natalis menjadi momen yang paling dinantikan bagi setiap lembaga pendidikan, tak terkecuali Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV UNAIR). Tepat hari ini, (4/6/2023) merupakan hari jadi Fakultas Vokasi yang ke-9. Hal tersebut, telah ditetapkan melalui Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 1539/UN3/2014 tentang Penyesuaian Penyebutan Sekolah Vokasi Sebagai Fakultas Vokasi Dan Penetapan Bendera Fakultas Vokasi tanggal 4 Juni 2014.

Dies Natalis Vokasi ke-9

Pertama, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah menyiapkan serangkaian kegiatan, mulai dari pembukaan Dies Natalis Vokasi ke-9 FV UNAIR, senam dan jalan sehat, kompetisi BERDIKARI yang berkolaborasi dengan Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, konferensi nasional vokasi, serta meet and greet Awarding IDUKA.

Dari waktu ke waktu, FV UNAIR turut berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan lulusan berkompeten di berbagai bidang industri dan kerja. Sebagai gambaran, banyak rintangan dan tantangan yang harus dilalui untuk mewujudkan visi pendidikan vokasi. Di momen kebahagian inilah, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mempunyai peran utama sebagai mesin pencetak dan terus memperkuat koneksi dengan mitra dalam lingkup nasional maupun internasional.

Begitu juga Dies Natalis Vokasi tahun ini mengangkat tema besar, yaitu “Vokasi Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Siap Kerja”. Secara eksplisit, tema tersebut diharapkan dapat meningkatkan ikatan silaturahmi antar sivitas akademika di internal dan eksternal. Kemudian, sebagai bentuk promosi dan branding Fakultas Vokasi Universitas agar lebih dikenal masyarakat luas, dan juga membangun jejaring sinergitas antara FV UNAIR dengan lembaga/stakeholder lain di lingkungan Universitas Airlangga.

baca juga: Refleksi Pendidikan Vokasi: Menembus Batasan, Menciptakan Harapan

Filosofi Logo

Pada umumnya, setiap logo memiliki makna dalam yang merepresentasikan visi dari suatu lembaga atau badan. Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah merilis logo Dies Natalis yang didesain  oleh Rio Meka Rizqi.

Logo Dies Natalis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang Ke-9

Branding yang kuat akan memudahkan Fakultas Vokasi dikenal masyarakat. Oleh karena itu, pada logo tersebut terdapat “angka 9”, yang jelas sangat nampak terlihat memiliki arti, yaitu usia FV UNAIR dari sejak berdiri hingga sekarang. Kemudian, ada bentuk “paraf” atau “Flourish of Approval atau Krul”, pada gambarnya terdapat paraf yang biasa digunakan pengajar untuk memvalidasi atau memberi nilai tugas yang terlah diselesaikan. Lambang paraf merepresentasikan sesuatu yang diunggulkan, hal ini selaras dengan tagline ulang tahun Fakultas Vokasi 2023.

Menariknya, masih ada satu lagi arti dari logo Dies Natalis Vokasi ke-9 yang mungkin jarang diketahui, khususnya kita sebagai orang awam. Jika kalian perhatikan lebih teliti, terdapat warna kuning kecil di gabungan “angka 9” dengan “paraf. Atau disebut juga “Persimpangan dan
Kuning” yang berarti, persimpangan merepresentasikan untuk menjadi SDM unggul tidak sebatas hanya menguasai satu bidang ilmu tapi juga harus mampu mengkolaborasikannya denganberbagai bidang ilmu lain untuk menciptakan karya yang hebat.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!