VOKASI UNAIR

Lib-Care: Bisnis Jasa Pengolahan Perpus Karya Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga

Mahasiswa D3 Perpustakaan yang mencetuskan Lib-Care

VOKASI – Lib-Care merupakan sebuah bisnis jasa pengolahan perpustakaan yang dicetuskan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan.

Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga menciptakan bisnis informasi pelayanan jasa di bidang perpustakaan,

yang terdiri dari jasa pengadaan, pengolahan dan pengembangan perpustakaan yang diberi nama LIB-CARE (Library Care).

Library Care menawarkan jasa pengadaan koleksi, pengolahan yang terdiri dari inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, preservasi dan shelving, serta pengembangan perpustakaan.

Sasaran utamanya adalah pada perpustakaan sekolah dasar karena kebutuhan akreditasi, keterbatasan fasilitas dan sumber daya manusia pada perpustakaan tersebut.

Peran Perpustakaan

Perpustakaan merupakan lembaga informasi yang menyediakan hal-hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan maupun pengetahuan umum.

Keberadaan perpustakaan sangat penting karena dapat menunjang kegiatan belajar khususnya bagi para pelajar.

Sebagai institusi pendidikan formal, sekolah memiliki peran fundamental untuk ikut serta mengembangkan minat literasi siswa.

Kondisi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah pada umumnya memiliki sejumlah permasalahan,

diantaranya adalah kurangnya  sumber daya manusia yang memadai, keterbatasan koleksi,  keterbatasan biaya dan fasilitas yang belum lengkap.

Tingkat Literasi Siswa

Menurut Effendy dalam (Kemendikbud, 2017), pintu masuk untuk mengembangkan budaya literasi bangsa adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak.

Sayangnya sampai saat ini, minat literasi siswa Indonesia masih rendah.

Berdasarkan survei yang dilakukan Central Connecticut State University(CSSU) tentang perilaku literasi, Indonesia berada di posisi ke-61 dari 62 negara.

Karena melihat kondisi tersebut, Mahasiswa D3 Perpustakaan Airlangga tercetus ide untuk menciptakan layanan Lib-Care yang memprioritaskan kepuasan pengguna dan kualitas layanan yang diberikan.

Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan kami menganut konsep keterbukaan, teliti dan kehati-hatian.

Tujuan utamanya dari Lib-Care ini adalah untuk membantu pengadaan, pengolahan dan pengembangan perpustakaan  sekolah  dasar.

Pihak pelanggan dapat melakukan diskusi terlebih dahulu menegenai layanan apa saja yang diperlukan.

Termasuk jumlah dana yang dimiliki dan permasalahan lainya yang sekiranya  dapat menghambat kegiatan pengelolaan perpustakaan.

Pelanggan juga dapat memilih salah satu atau bahkan semua layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan.

Apabila perpustakaan memiliki kembimbangan terkait layanan, Lib-Care menyediakan layanan konsultasi bagi pelanggan secara gratis.

Dengan begitu, harapannya Lib-Care dapat menjadi rekan sekaligus teman dalam meningkatkan kualitas perpustakaan di  sekolah dasar.

***

Penulis : Briyan Arfanda

Editor : Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!