VOKASI UNAIR

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Sumber Informasi di Library Laboratorium Universitas Airlangga Menggunakan LibGuides

Potret Penggunaan Layanan LibGuides

VOKASI NEWS – Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi identik dengan layanan. Ini adalah garda depan kegiatan perpustakaan yang berhubungan langsung dengan pengguna. Perpustakaan juga perlu mengembangkan diri dalam hal kebutuhan layanan Informasi yang diberikan kepada penggunanya. Perkembangan perpustakaan di era globalisasi identik dengan teknologi. Perpustakaan memiliki sistem TI yang dapat memberikan lebih banyak layanan efektif dan efisien bagi pengguna. Penerapan teknologi internal perpustakaan meliputi teknologi dalam pengolahan informasi atau bahan pustaka, layanan sirkulasi dan kegiatan pengelolaan perpustakaan lainnya. Dalam layanan sumber Informasi peran teknologi informasi adalah untuk mendukung layanan. Karena apabila di era teknologi ini perpustakaan tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi tersebut, perpustakaan perlahan akan kehilangan pendukungnya.

Teknologi informasi sangat erat kaitannya dengan peran perpustakaan sebagai kekuatan pelestarian dan penyebarluasan informasi ilmiah, sebagai tempat rujukan para pencari ilmu pengetahuan dan bagi pengembangan karya tulis ilmiah. Seiring dengan penggunaan teknologi informasi, pergeseran budaya telah berkembang seiring dengan meningkatnya minat menulis, mencetak, pendidikan dan kebutuhan manusia akan informasi. Oleh karena itu, perlu adanya pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan untuk meningkatkan layanannya. Berbicara mengenai teknologi informasi, penulis telah menjelaskan pentingnya teknologi informasi ini bagi perpustakaan di bagian pendahuluan. Dalam layanan sumber informasi, peran teknologi informasi adalah untuk mendukung layanan tersebut. Karena jika di era teknologi ini perpustakaan tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi tersebut, perpustakaan perlahan akan kehilangan pendukungnya.

Fungsi Perpustakaan sebagai Pusat Informasi

Sebagai pusat informasi, fungsi perpustakaan adalah menyediakan berbagai sumber informasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sumber informasi dapat diperoleh dari manusia, organisasi, literatur dan layanan informasi. Dari sumber-sumber informasi tersebut, bentuk sumber informasi tampak bervariasi. Dengan pesatnya perkembangan informasi dari berbagai disiplin ilmu, bahasa, negara, dan era, mungkin sulit untuk mengetahui dan melacak semuanya. Oleh karena itu, pengguna dan pencari informasi perlu memahami dan meneliti jenis-jenis sumber informasi sebagai pengetahuan untuk menemukan informasi yang diinginkan.

Layanan informasi perpustakaan dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna secara tepat waktu dan akurat, yaitu dengan menyediakan bahan pustaka dan menyediakan fasilitas temu kembali. Upaya ini diharapkan dapat membuat pengguna puas dengan layanan informasi yang diberikan. Ini adalah kunci untuk menentukan kualitas citra perpustakaan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa layanan merupakan perwujudan kualitas perpustakaan. Dalam hal ini, layanan adalah layanan informasi berupa sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan bagi penggunanya.

Baca juga : Implementasi Layanan Greens Mini Theater

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, menyebabkan perubahan budaya pada industri informasi. Teknologi informasi ini membuat masyarakat semakin banyak bijak dan kritis dalam menilai keberadaan perpustakaan untuk menyediakan layanan. Oleh karena itu perpustakaan bertanggung jawab berani mengambil langkah dan siap melakukan perubahan untuk mengikuti perkembangan teknologi ini untuk melakukan pekerjaannya secara penuh. implementasi teknologi informasi dari departemen layanan perpustakaan dimungkinkan cocok untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan pengguna perkembangan zaman ini.

Salah satu teknologi mempengaruhi perkembangan layanan sumber daya informasi itu internet. Kehadiran online adalah fenomena baru muncul di dunia saat ini, khususnya di bidang teknologi informasi. Berkat internet, kemungkinan sekarang terbuka perpustakaan menawarkan layanan tak terbatas kepada penggunanya melalui ruang dan waktu. Seperti layanan LibGuides yang sedang diterapkan oleh mahasiswa D-III Perpustakaan di Library Laboratorium, Universitas Airlangga berikut ini.

Layanan LibGuides

LibGuides adalah sebuah platform digital yang menyediakan informasi berbagai macam koleksi jurnal atau artikel ilmiah, dengan berbagai macam subjek informasi yang inovatif dimana strukturnya seperti tutorial memandu pengguna melalui proses penelitian atau penugasan khusus tanpa memerlukan pustakawan. LibGuides sebagai alat bantu pencarian, panduan elektronik, dan panduan penelitian berupa jurnal atau artikel ilmiah. Dengan adanya LibGuides “pengganti” tanpa perantara bagi pustakawan, hal ini tentunya mempermudah pemustaka dalam mencari sumber-sumber informasi yang mereka butuhkan hingga yang mereka inginkan. Selain itu, LibGuides ini dapat membuat mereka mendapat tempat terkemuka di perpustakaan akademik.

Penulis : Alya Salzabilla

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!