VOKASI UNAIR

Mendeley Mempermudah Penulisan Daftar Pustaka

Tampilan Aplikasi Mendeley

VOKASI NEWS – Siapa nih yang belum pernah menggunakan Mendeley? Atau mungkin pernah mendengar aplikasi Mendeley? Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Mendeley. Nah, ini saat yang tepat untuk kalian membaca artikel ini.

Kemampuan menulis dan mempublikasikan karya ilmiah merupakan salah satu aktivitas penting khususnya bagi kalangan mahasiswa dalam menyelesaikan kuliahnya. Terutama pada saat menyusun skripsi atau tugas tidak terlepas dari kemampuan melakukan penelusuran dalam mencari, menentukan dan menyimpan referensi – referensi terkait dengan kebutuhan melakukan sitasi atau penyusunan daftar pustaka. Salah satu hal yang membuat karya tulis berkualitas yakni berkaitan dengan unsur plagiasi  akibat tidak menggunakan manajer referensi pada pengutipan. Dalam pengelolaan referensi yang bersumber dari buku ataupun jurnal, maka dapat dilakukan dengan bantuan beberapa software/aplikasi yang tersedia, seperti Mendeley. Adanya Mendeley ini dapat dimanfaatkan untuk membantu penulisan daftar pustaka dan penulisan sitasi. Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-book, e-journal dan referensi lainnya. Fungsi dari Mendeley sendiri adalah sebagai library yang disertai dengan kemampuan pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.

Mendeley

Mendeley merupakan aplikasi yang harus dimiliki mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal ataupun menyusun skripsi dan tugas akhir. Jadi, Mendeley adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu dalam penyisipan, penulisan dan pemformatan sitase. Dengan menggunakan aplikasi ini kita akan dimudahkan saat membuat sitasi dan daftar pustaka. Sehingga kita tidak perlu lagi membuat secara manual yang ribet dan sulit.

Sebuah karya tulis ilmiah yang baik bersyaratkan untuk mencantumkan sumber rujukan dengan baik dan benar yang sesuai dengan ketentuan penulis karya tulis ilmiah yang baku. Semua sumber rujukan biasanya ditulis dibagian daftar pustaka. Untuk penyusunan daftar pustaka secara manual sering kali merepotkan dan juga sering menjumpai beberapa kesalahan mulai dari tidak runtun secara susunan dan kesalahan pada format penulisan. Untuk menciptakan daftar pustaka secara otomatis maka dipilihnya aplikasi Mendeley yang mana pada aplikasi ini mempunyai beberapa kelebihan yang salah satunya cara penggunaannya terbilang mudah dan yang paling penting dapat digunakan secara gratis untuk siapapun yang mengaksesnya.

Pengoperasian Mendeley

Pada dasarnya, menggunakan aplikasi database yang tersedia bersifat free atau tidak bayar, tetapi sering kali aplikasi tersebut tidak mampu disediakan oleh mahasiswa dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki. Pengetahuan mengoperasikan Mendeley juga sangat penting untuk dimiliki mahasiswa yang belum diwajibkan membuat skripsi sebagai kesiapan menghadapi skripsi. Oleh sebab itu,aplikasi ini sangat mempermudah kita dalam membuat daftar pustaka. Penggunaannya cukup mudah yakni masukian data dan cari file yang akan dikutip kemudian daftar pustaka akan muncul secara otomatis. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah mudah digunakan serta gratis di download maka dari itu aplikasi ini sangat rekomendasi bagi kalangan mahasiswa.

Setiap pengguna yang ingin menggunakan fasilitas Mendeley wajib melakukan instalasi Mendeley terlebih dahulu dengan mendaftar akun baru. Karena, setiap akun dalam Mendeley harus  disertai dengan akun online yang juga dapat disinkronisasi dengan akun offline. Guna dari mengsinkronisasikan akun tersebut maka data – data PDF dapat disimpan di computer/laptop dengan akun onlinenya. Informasi referensi yang sudah tersimpan dilaptop tadi juga akan secara otomatis tersimpan di website dan bisa lansung diakses dari mana pun via internet. Akses dapat dilakukan melalui laptop atau bisa juga menggunakan aplikasi untuk iPhone dan iPad secara oflline.

Baca juga : Bisnis LIB-CARE

Penulis : Nabila Isfina Putri Maharani

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!