VOKASI UNAIR

Himanis Sukses Gelar HI-TRIMATE 2023: Kegiatan Kunjungan Industri dan Upgrading Mahasiswa D4 Teknologi Laboratorium Medik

HI-TRIMATE 2023 sukses digelar oleh Himanis

VOKASI – HI-TRIMATE 2023 telah sukses digelar oleh Himanis yang di dalamnya telah dikemas kegiatan kunjungan industri dan ugrading mahasiswa D4 Teknologi Laboratorium Medik.

Mempelajari teori saja tidaklah cukup untuk membantu mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam dunia kerja nanti.

Sebagai mahasiswa khususnya dalam bidang medis diperlukan konteks nyata dari penerapan ilmu yang didapatkan dalam praktik di industri.

Hal tersebut melandasi Himpunan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik Universitas Airlangga untuk mengadakan kegiatan Hi-Trimate (Himanis Trip and Intimate Night),

dengan mengusung tema “Get Our Trip with Intimate Night”.

Kunjungan Industri

Kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan dengan diikuti oleh 140 mahasiswa dengan didampingi oleh beberapa dosen Teknologi Laboratorium Medik.

Rangkaian kegiatan Hi-Trimate 2023 terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu kunjungan industri dan upgrading Himpunan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik.

Pada kegiatan kunjungan industri, Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya dan PT Media Diagnostika adalah tempat industri terpilih yang dikunjungi oleh mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik.

Dalam kunjungan industri pertama yang dilaksanakan di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Jawa Timur,

dimana mahasiswa diberikan materi mengenai pemeriksaan hematologi dan gambaran mengenai sistem kerja dalam dunia nyata.

Kunjungan Industri PT Media Diagnostika

Selanjutnya, kunjungan industri kedua yang dilaksanakan di PT Media Diagnostika, yakni sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia reagen dan alat – alat kesehatan.

Kunjungan tersebut memberikan pengalaman yang berbeda dari kunjungan industri sebelumnya.

Pada kunjungan industri tersebut, selain diberikan materi mengenai alat – alat kesehatan yang digunakan pada laboratorium medik, mahasiswa juga diperkenalkan,

dan diajak untuk mengoperasikan alat – alat kesehatan  secara langsung yang biasa digunakan oleh profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik serta pada saat mahasiswa melakukan praktikum.

Upgrading di Mojokerto

Setelah melaksanakan kunjungan industri, Himpunan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik melanjutkan kegiatan upgrading yang dilaksanakan di Vila Panorama, Mojokerto.

Upgrading yang dilaksanakan ini bertujuan untuk lebih merekatkan hubungan antaranggota,

dan antar mahasiswa agar kedepannya dapat berkolaborasi dalam menjalankan program kerja dan mampu meningkatkan kualitas organisasi.

Pada kegiatan tersebut, tercipta kebersamaan serta suasana kekeluargaan antar mahasiswa dari setiap kegiatan yang dilakukan.

Dengan menghabiskan waktu bersama melalui berbagai kegiatan yang mampu membangun kebersamaan dan berinteraksi secara bebas,

diharapkan memberikan rasa nyaman untuk saling berkomunikasi antaranggota dan akan terasa lebih terhubung satu sama lain sehingga terbentuk rasa solidaritas.

baca juga: SIKLIK: Seminar Internasional Ahli Teknologi Medik

Testimoni dari Peserta

Setelah seluruh rangkaian acara Hi-Trimate 2023 berakhir,

kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut,

dan dengan diadakannya kegiatan Hi-Trimate 2023 diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memberikan pengalaman langsung mengenai aplikasi dari teori yang telah diberikan saat kunjungan industri.

Selain itu, melalui kegiatan puncak Hi-Trimate 2023 yang mana merupakan kegiatan upgrading, selain untuk meningkatkan solidaritas mahasiswa,

namun juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa agar tetap beprestasi meski tergabung dalam sebuah organisasi sehingga dapat terciptanya lingkungan organisasi yang positif.

***

Penulis: Rifa Kamila Dwi Qonita

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR 2023

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!