VOKASI UNAIR

Perpustakaan Digital: Peran, Definisi, Fungsi, dan Macam-Macam

Ilustrasi inovasi pengembangan perpustakaan

VOKASI NEWS – Perkembangan yang tampak saat ini adalah mulai diadakan perpustakaan digital. Perpustakaan mempunyai fungsi sebagai tempat yang menyediakan informasi, baik yang berkaitan dengan sosial, politik, budaya, ekonomi dan informasi lainnya.

Peran Perpustakaan Bagi Pendidikan

Perpustakaan memiliki peranan penting di dunia pendidikan, maka, jika perpustakaan tersebut lemah akan berpengaruh terhadap institusi tempat perpustakan bernaung. Peran perpustakaan saat ini dituntut untuk lebih aktif dalam memberikan layanan informasi yang dibutuhkan penggunanya. Dalam memberikan layanan kepada pengguna, perpustakaan harus mengacu pada efisiensi dan efektifitas waktu. Sehingga pengguna merasa terpuaskan dengan layanan yang ada. Oleh sebab itu perpustakaan harus senantiasa melakukan pengembangan terhadap komponen perpustakaan.

Definisi Perpustakaan Digital

Yang dimaksud dengan perpustakaan digital yaitu berperan dalam pembelajaran formal dengan menyediakan bermacam pengetahuan yang lebih banyak memberikan materi dalam bentuk media (multimedia & simulation). Perpustakaan digital ini memberikan kesempatan kepada setiap orang yang ingin mengembangkan pengetahuannya, tanpa terbatas ruang dan waktu.

Keberadaan perpustakaan digital menjadi pelengkap untuk perpustakaan yang masih menerapkan ketradisionalan, yang mana keduanya tidak harus dipisahkan, bahkan penting untuk berkoalisi guna semakin melengkapi satu sama lain, sehingga muncul paduan yang mempunyai keunggulan dalam menyediakan layanan kepada pengguna dalam tingkat yang lebih tinggi.

Kelebihan penggunaan perpustakaan digital yaitu dengan tidak dibatasinya ruang dan waktu, sehingga kita bebas untuk mencari banyak informasi yang belum kita dapatkan atau yang sedang kita butuhkan, lalu  penggunaan informasinya lebih efisien dan lebih akurat, serta keaslian dokumen terjamin, juga dibantu dengan jaringan perpustakaan yang lebih luas akan semakin mempermudah pengguna dalam mencari informasi.

Fungsi Digital Library

Adanya  layanan perpustakaan digital berguna untuk mempermudah  pencarian  informasi  yang  ada  pada  koleksi  objek informasi  seperti  dokumen,  gambar,  dan  database  dalam  bentuk  format digital dengan tepat, cepat dan akurat serta dapat memberikan layanan berupa  layanan download koleksi buku digital  (e-book),  majalah  digital  (e-magazine),  jurnal  digital  (e-journal),  dan kumpulan artikel yang terdapat pada koleksi  perpustakaan digital lainnya.

Disediakannya layanan digital yang bisa diakses melalui media dapat digunakan oleh pengguna untuk memenuhi proses pencarian informasi dari mereka. Kemudian untuk melihat tingkat kepuasan pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan, kita perlu melihat dari segi kualitas seperti yang adanya pustakawan yang professional, pelayanannya yang prima,  serta  fasilitas  yang lengkap.  Maka  dari  itu  suatu  upaya  dalam  mengoptimalkan layanan  baik  secara  kualitas  ataupun  secara  kuantitasnya  sesuai  dengan  perkembangan zaman serta penggunaan teknologi yang berkembang diera ini.

Macam-Macam Layanan Digital

  1. Layanan sirkulasi;
  2. Layanan perpustakaan keliling;
  3. Layanan rujukan;
  4. Layanan penelusuran literatur;
  5. Layanan audio visual;
  6. Layanan penyediaan bahan pustaka.

Penulis: Zahwa Aulianisa Firdaus

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!