VOKASI UNAIR

Pentingnya Magang di Dunia Kerja dan Cara Mendapatkannya di Vokasi Universitas Airlangga

Dekan FV tekankan pentingnya magang

VOKASI NEWS – Saat ini, mahasiswa sudah mulai aktif mengikuti kegiatan magang sebagai ajang melatih kemampuan diri dan pengalaman kerja. Seperti yang sudah kita ketahui, magang merupakan kegiatan pelatihan di suatu organisasi untuk mendapatkan pengalaman kerja atau kualifikasi tertentu. Kegiatan magang tidak hanya dilakukan dalam dunia kerja loh, namun juga bisa dilakukan dalam bentuk magang organisasi maupun kegiatan lainnya.

Pentingnya Magang di Dunia Kerja Bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi

Magang Menjadi Platform Untuk Membangun Relasi

Memiliki hubungan relasi merupakan salah satu fondasi untuk karir yang sukses. Magang dalam hal ini merupakan suatu batu loncatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan peluang bonus relasi dalam lingkup yang sama. Di dalam dunia magang, semakin banyak orang yang ditemui dengan minat yang sama, semakin tinggi pula peluang mahasiswa untuk berkembang kedepannya sebagai seorang yang profesional.

Melatih Kemampuan Diri

Magang merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Dengan mengikuti kegiatan magang, mahasiswa dapat mengimplementasikan kemampuannya di bidang yang dikuasai dalam lingkup dunia kerja. Dalam kegiatan magang, selalu terdapat mentor yang akan membentuk dan membimbing potensi diri mahasiswa terhadap sesuatu yang bermanfaat bagi mahasiswa.

Magang Memberikan Bekal Lebih Dari Sekedar Keterampilan Teknis

Dengan mengikuti magang, mahasiswa tidak hanya diharapkan untuk dapat melatih keterampilan teknis atau kemampuan diri, namun mahasiswa juga diharap mampu mengembangkan etos kerja kolaboratif dan bekerja dalam tim.

Bagaimana Cara Mengikuti Magang di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga?

Magang Eksternal

Lulusan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga merupakan lulusan yang dibimbing untuk siap menghadapi dunia kerja setelah lulus. Setiap mahasiswa Fakultas Vokasi memiliki kegiatan wajib berupa magang ataupun PKL (Praktek Kerja lapangan) yang sesuai dengan minat dan keterampilan mahasiswa. Biasanya, kampus telah memiliki kerja sama dengan perusahaan eksternal yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengikuti magang eksternal dengan mudah.

Magang Internal

Selain magang eksternal, di Fakultas Vokasi juga ada magang internal loh. Magang yang terdapat dalam Fakultas Vokasi dapat berupa magang organisasi, magang UKM, maupun magang internal Vokasi lainnya seperti magang tim branding Fakultas Vokasi. Dengan mengikuti magang internal, mahasiswa dapat lebih mengenal seluk beluk Fakultas Vokasi dan tentu saja dapat lebih mudah untuk menjangkau kemampuan diri karena berada dalam lingkup yang sudah dikenal.

Singkatnya, magang berperan penting dalam mengembangkan keterampilan mahasiswa di lingkup dunia karir. Tidak hanya memperoleh pengalaman kerja, namun mahasiswa juga menjadi kunci bagi banyak pintu yang mencakup hubungan, pengalaman, dan keterampilan mahasiswa lebih ke jenjang professional. Semoga bermanfaat dan jangan ragu mencoba magang ya Voks!

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!