VOKASI UNAIR

Luncurkan Prototype Airbag Sebagai Proteksi Bagi Lansia Saat Berkendara, Hasil Kolaborasi Dosen Vokasi Unair

Protorype Airbag untuk lansia

VOKASI NEWS – Dosen Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Universitas Airlanga, Aji Akbar Firdaus ST.,MT bekerja sama dengan dosen ITS dan ITK merancang sebuah temuan untuk memastikan keamanan lansia saat berkendara, yakni airbag  atau kantung udara yang secara otomatis akan aktif saat terjadi kecelakaan. Airbag ini merupakan salah satu komponen keselamatan yang menjadi penyokong kendaraan roda empat, utamanya bagi pengendara yang sudah lanjut usia (lansia).

Berbeda dari airbag yang umumnya dijumpai, menurut klaim Aji dan tim, airbag yang mereka kembangkan dapat lebih responsif saat terjadi benturan dan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan, karena melekat langsung pada penggunanya.”Sehingga saat sedang berjalan tanpa menggunakan kendaraan pun dapat digunakan” tuturnya.

Selain memiliki mekanisme pengisian udara yang akan otomatis aktif pada saat terjadi kecelakaan, kantung udara yang diluncurkannya tersebut juga dapat mendeteksi posisi jatuh dari penggunanya pada saat terjadi kecelakaan.Tentunya fitur-fitur tersebut akan sangat bermanfaat dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengguna lanjut usia.Karena mengingat pengguna lansia lebih rentan mengalami risiko saat terjadi kecelakaan dibandingkan dengan yang berusia lebih muda. Saat diwawancarai oleh Unair News, Aji juga mengaku bahwa pengembangan invensi ini memang diperuntukkan bagi para lansia dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan pengguna.

Pada Oktober 2022 lalu, invensi prototype airbag tersebut telah menerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yaitu hak paten sederhana.”Karena masih dalam tahap prototyping, sehingga belum bisa untuk ditawarkan ke industri, namun yang pasti harapannya invensi yang ditemukan kedepannya dapat lebih memudahkan oang lain dan membawa manfaat bagi orang banyak,” tuturnya.

Baca juga : Inovasi Sistem Flexible Axis

Penulis : Aisyatul Wahdaniyah

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!