VOKASI UNAIR

Kolaborasi Dengan Dosen UNAIR, ITS dan ITK Gagas Airbag Khusus Lansia

Source gambar : Unair News

VOKASI NEWS – Kolaborasi Dengan Dosen UNAIR, ITS dan ITK Gagas Airbag Khusus Lansia

Tak bisa dipungkiri, bahwa kecelakaan saat berkendara merupakan peristiwa yang tidak dapat diatur oleh kita. Maka dari itu, Dosen Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Bersama dengan rekan sesama dosen dari ITS dan ITK menggagas temuan terbarunya, yakni airbag atau kantung udara. Airbag atau kantung udara sendiri merupakan salah satu fitur keselamatan yang menjadi penyokong kendaraan roda empat, utamanya bagi pengendara yang sudah lanjut usia.

Saat diwawancarai oleh Unair News, Aji mengaku bahwa pengembangan invensi ini diperuntukkan bagi para lansia dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan pengguna. Aji dan tim mengklaim bahwa airbag yang mereka kembangkan lebih responsif saat terjadi benturan dan dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan, karena melekat langsung pada penggunanya.

”Sehingga, saat sedang berjalan tanpa menggunakan kendaraan pun dapat digunakan” tuturnya. 

Kelebihan lain dari airbag miliknya adalah dapat mendeteksi posisi jatuh dari penggunanya pada saat terjadi kecelakaan dan tentunya menjadi poin plus karena akan sangat bermanfaat dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengguna lanjut usia. Mengingat bahwa pengendara lansia memiliki risiko dan dampak yang lebih tinggi pada saat terjadi kecelakaan dibandingkan dengan pengendara yang masih berusia lebih muda.

“Karena masih dalam tahap prototyping, sehingga belum bisa ditawarkan ke industry, namun yang pasti harapannya invensi yang ditemukan kedepannya dapat lebih memudahkan oang lain dan membawa manfaat bagi orang banyak,” ungkap Aji dan tim.

Walaupun gagasan Airbag Khusus Lansia masih dalam tahap invensi prototyping, namun pada Oktober 2022 lalu, rancangan tersebut telah mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yang merupakan hak paten sederhana.

Baca juga : Inovasi Sistem Flexible Axis

Penulis : Aisyatul Wahdaniyah

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!