VOKASI UNAIR

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Paramedik Veteriner FV Unair

VOKASI NEWS – Halo Voks! Kalian tahu nggak sih di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ada program studi paramedik veteriner loh. Mau tahu lebih lanjut mengenai teknologi instrumentasi? Yuk simak informasi di bawah!

Program studi D3 Paramedik Veteriner (Pavet) merupakan salah satu program studi dibawah Departemen Kesehatan dalam Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Program studi D3 Paramedik Veteriner Fakultas Vokasi didirikan pada tahun 1995 dan merupakan program studi transformasi dari D3 Kesehatan Ternak pada tahun 2018. 

Prodi D3 Paramedik Veteriner atau biasa disebut kesehatan hewan merupakan program studi yang mempelajari mengenai kesehatan hewan, dimulai dari kesehatan, penyakit, dan juga pangan hewan. Terdapat beberapa mata kuliah yang terdapat pada program studi Pavet, salah satunya yaitu Inseminasi Buatan, Nekropsi Hewan, Ilmu Kemajiran dan Kebidanan, Instrumentasi Hewan, dan juga terdapat mata kuliah mengenai hasil ternak. Mata kuliah yang ditawarkan berbeda-beda, hal tersebut telah disesuaikan menurut tingkat pendidikan atau semester. 

Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran di program studi Paramedik Veteriner mungkin hampir sama dengan program studi lain yang terdapat pada Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yaitu berupa kelas teori dan juga kelas praktikum. Namun, dalam program studi Pavet ini, sistem pembelajaran yang lebih dominan yaitu kelas praktikum. Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa dapat memiliki kesempatan lebih untuk mempelajari tentang hewan lebih detail dan ahli. Selain itu, jangka waktu dalam melakukan praktikum yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, membuat mahasiswa Pavet lebih banyak menghabiskan perkuliahannya dalam kelas praktikum. Dengan adanya kegiatan praktek yang rutin dilakukan, mahasiswa diharapkan dapat memiliki keahlian di bidang peternakan dan teknisi veteriner yang mandiri berdasarkan etika, kelestarian, dan juga kesejahteraan hewan yang tetap berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Sama seperti program studi lain yang terdapat pada Fakultas Vokasi, lulusan program studi Paramedik Veteriner juga merupakan mahasiswa yang diharapkan siap terjun dalam dunia kerja. Oleh karena itu, mahasiswa program studi Pavet juga terdapat kegiatan wajib berupa Pelatihan Kerja Langsung (PKL). Kegiatan PKL mahasiswa Pavet biasa dilaksanakan pada semester 5 perkuliahan. Mahasiswa Pavet diharuskan untuk melakukan kegiatan PKL di bidang Ruminansia, Klinik, Pakan Hewan, Peternakan, maupun di Laboratorium agar mahasiswa dapat memiliki pengalaman dan hasil yang terbaik. Dengan adanya kewajiban tersebut, mahasiswa program studi Pavet diharapkan mampu dan siap untuk terjun dalam dunia kerja kedepannya dengan mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan.

Itu tadi beberapa informasi mengenai program studi D3 Paramedik Veteriner Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Masih penasaran dengan Paramedik Veteriner?? Yuk gabung menjadi bagian dari program studi D3 Paramedik Veteriner 2023! Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya Voks!

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!