VOKASI UNAIR

Abdi Desa X: “SEMANGGI” HIMA Teknik Gigi Universitas Airlangga

Potret kegiatan Abdi Desa X/dokumen istimewa

VOKASI – Abdi Desa X bersama HIMA Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Hima Teknik Gigi Universitas Airlangga telah berhasil melaksanakan kegiatan Abdi Desa ke X. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Hari Sabtu (19/08) dan Minggu (20/08) yang bertempat di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Abdi Desa tahun ini menggandeng delegasi dari Prodi Teknologi Laboratorium Medis dan Prodi Pengobatan Tradisional.

Kegiatan hari pertama tepatnya pada Sabtu (19/08) meliputi pembukaan yang dihadiri oleh para dosen Program Studi Teknik Gigi Universitas Airlangga, Kepala Desa Tamiajeng beserta perangkat desa dan juga warga sekitar. Lalu dilanjutkan sosialisasi tentang pencegahan stunting yang dipandu oleh Winda Kusumawardani, S.Kep., Ns., M.Kep. Lalu dilanjutkan pembuatan jamu tradisional yang dibantu pihak delegasi Program Studi D-IV Pengobatan Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Ketiga acara tersebut berjalan dengan lancar dan sisa waktu yang ada digunakan untuk beristirahat.

Kegiatan Senam pagi ceria_Abdi Desa X/dokumen istimewa

Kegiatan Senam pagi ceria_Abdi Desa X/dokumen istimewa

Selanjutnya pada Hari Minggu (20/08), kegiatan dilanjutkan dengan diawali senam bersama dengan warga setempat. Senam pagi bersama ibu-ibu, dan panitia berlangsung dengan semangat ceria. Diiringi dengan musik upbeat, membuat para ibu-ibu dan juga panitia lebih bersemangat lagi. Senam pun diakhiri dengan adanya pembagian doorprize yang telah disiapkan oleh panitia sebelumnya.

Medical Check Up

 

Potret kegiatan medical check up saat Abdi Desa X/dokumen istimewa

Potret kegiatan medical check up saat Abdi Desa X/dokumen istimewa

Acara dilanjutkan dengan Medical Check Up oleh delegasi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Beberapa tes dilakukan seperti pengecekan berat badan, tekanan darah, gula darah dan juga asam urat. Alat seperti timbangan, tensimeter, easy touch GCU, dan glukometer juga telah disediakan oleh panitia untuk memudahkan proses medical check up. Para warga yang mengikuti senam, bisa langsung mengikuti Medical Check Up dengan mengisi form yang telah disediakan. Warga yang hadir mengikuti proses ini dengan tertib dan teratur sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Screening Gigi Siswa 
Potret kegiatan screening gigi/dokumen istimewa

Potret kegiatan screening gigi/dokumen istimewa

Acara dilanjutkan dengan screening gigi pada siswa-siswi sekolah dasar di desa Tamiajeng yang akan dibimbing oleh dosen-dosen Teknik Gigi Universitas Airlangga. Screening gigi merupakan pemeriksaan gigi awal untuk anak usia dini. Para siswa-siswi sekolah dasar akan diperiksa satu-persatu dengan bantuan para dosen selaku dokter gigi. Pemeriksaan gigi dilakukan untuk mengindikasi gigi berlubang (karies gigi), gigi yang hanya sisa akar, karang gigi, dan gigi goyang. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan dilampirkan pada form yang telah disediakan. Setelah proses screening selesai, dilakukan sosialisasi tentang karies gigi yang meliputi cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh Anisa Nur Halimah, drg., M.Kes selaku dosen Teknik Gigi Universitas Airlangga.

Crafting untuk Siswa
Potret kegiatan crafting/dokumen istimewa

Potret kegiatan crafting/dokumen istimewa

Acara terakhir pada hari kedua adalah Teknik Gigi mengajar craft. Panitia membuat acara ini sebagai wadah bagi siswa-siswi sekolah dasar untuk meningkatkan kreatifitas dalam mengerjakan sesuatu. Craft (kerajinan) adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan untuk menciptakan karya secara terampil dan untuk kali ini panitia menyiapkan manik-manik untuk membuat gelang, kalung, dan cincin sesuai dengan kreatifitas siswa-siswi sekolah dasar. Setelah sesi Teknik Gigi mengajar craft, tibalah saat penutupan acara yang dihadiri oleh para dosen Teknik Gigi, Kepala Desa, Guru dan siswa-siswi sekolah dasar. Dengan ini, ABDI DESA X telah selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar.

***

Penulis: Adhelia Putri Alisyah

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!