VOKASI UNAIR

Mengenal Lebih Dekat Warisan Bangunan Cagar Budaya Kota Surabaya Melalui Media Direktori

Contoh Bangunan Cagar Budaya di Surabaya

VOKASI – Bangunan cagar budaya yang masih diwariskan di Kota Surabaya bisa dikenal lebih dekat melalui media direktori.

Kota Surabaya sebagai kota Pahlawan yang terkenal dengan kekayaan sejarah dan warisan budaya menyimpan berbagai kisah sejarah dari masa lalu di setiap sudut kota. Banyaknya bangunan-bangunan kuno berarsitektur unik yang menghiasi Kota Surabaya merupakan salah satu bukti peninggalan masa lalu.

Bangunan-bangunan peninggalan bersejarah yang tersebar di kota Surabaya telah banyak dialokasikan untuk fungsi yang bermanfaat. Mulai dari gedung perkantoran, museum, hingga tempat wisata. Peninggalan sejarah tersebut dilindungi oleh Pemerintahan kota sebagai aset cagar budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Media Informasi Direktori

Sebuah media informasi berbentuk direktori yang merupakan hasil dari produk tugas akhir seorang mahasiswa Universitas Airlangga. Media informasi tersebut memungkinkan masyarakat untuk memanfaatkan sebagai rujukan informasi. Khususnya informasi mengenai bangunan cagar budaya yang tersebar di beberapa titik Kota Surabaya yang memiliki arsitektur eropa yang khas.

Setiap bangunan di dalam direktori disajikan dengan deskripsi singkat dari sejarah, gambar, fungsional bangunan, kontak dan media sosial, gaya arsitektur dan arsitek bangunan, lokasi yang menggabungkan elemen peta interaktif untuk memudahkan masyarakat dalam pencarian. Rani Kusuma Savitri, pencetus produk direktori ini, melakukan pengambilan data yang dilakukan melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan studi literatur.

[BACA JUGA: Inovasi Pembuatan Direktori Shopping Center di Kota Surabaya Sebagai Branding Pusat Perbelanjaan Modern]

Tahapan Pengambilan Data

Pengambilan data dari direktori ini diambil dari observasi lapangan dan melakukan wawancara dengan penanggungjawab tempat dan orang sekitar lokasi. Data direktori juga didapatkan melalui dokumen resmi yang didapatkan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya serta wawancara dengan salah satu staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya yang bertanggung jawab pada bidang cagar budaya untuk memastikan akurasi dan kelengkapan informasi yang disajikan dalam direktori. Data-data tersebut kemudian diolah dan dikemas sedemikian rupa dalam bentuk direktori.

Dimana dapat mengakses direktori ini?
Potret direktori bangunan cagar budaya/tangkapan layar

Potret direktori bangunan cagar budaya/tangkapan layar

Direktori seperti gambar di atas dapat diakses pada https://direktori.vokasi.ac.id/. Dalam website tersebut tepatnya pada menu Destinasi Wisata -Wisata Budaya – Bangunan Cagar Budaya, akan disuguhkan tiga pilihan submenu yaitu submenu wilayah, golongan cagar budaya, dan arsitektur bangunan yang menjadi penggolongan dari direktori. Pada submenu wilayah, bangunan dikelompokkan berdasarkan wilayah Surabaya Pusat dan Surabaya Utara. Untuk submenu golongan cagar budaya dikelompokkan menjadi tiga yaitu golongan bangunan A, golongan bangunan B, dan Golongan bangunan C. Yang terakhir yaitu  submenu arsitektur bangunan yang dikelompokkan menjadi Indische Empire Style, Kolonial Transisi, dan Kolonial Modern.

Dengan adanya direktori ini diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan referensi bangunan bersejarah dengan sensasi eropa di kota Surabaya, media ini menawarkan beberapa referensi yang dapat digunakan bagi lembaga pendidikan, pengembangan wisata, dan peneliti budaya. Dengan adanya direktori ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap warisan bangunan cagar budaya kota Surabaya.

***

Penulis :

Rani Kusuma Savitri

Fitri Mutia  (Dosen Pembimbing)

 

D-III Perpustakaan

Universitas Airlangga

 

Editor:

Oky Sapto Mugi Saputro

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!