VOKASI UNAIR

Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Bidang Confined Space Melalui Training K3

Potret kegiatan training K3 bidang confined space/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Confined space menjadi bidang yang diasah dalam training K3 2023.

Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah mengadakan kegiatan TRAINING K3. Kegiatan ini bertempat di Gedung Aula Vokasi Universitas Airlangga Kampus B dan di PT. Petrokimia Gresik. Kegiatan Training K3 ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan mendatangkan PJK3 yang bidang tema pilihannya kali ini yakni “Confined Space”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa dengan mendapat bimbingan secara langsung oleh ahlinya.

Kerjasama dengan PT. Petrokimia Gresik

Kegiatan Training K3 tahun ini telah bekerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik dengan trainer Bapak Rully Eko Ardianto, S.T. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 102 mahasiswa K3 angkatan 2021 dan 18 orang panitia yang bertugas. Semangat kolaborasi untuk belajar bersama dengan ahlinya terlihat dalam kegiatan Training K3. Pemilihan tema “Confined Space” dianggap tepat karena terdapat berbagai potensi bahaya dan risiko yang fatal jika bekerja di ruang terbatas. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat mengetahui prosedur penyelamatan yang tepat dan cepat saat bekerja di tempat tersebut.

[Menuju Transformasi Digital Berkualitas Bersama Kampung Batik Jetis Sidoarjo]

Rangkaian Agenda Training K3

Pada agenda hari pertama, kegiatan Training K3 berisi pemaparan materi mengenai confined space atau ruang terbatas. Pemaparan materi tersebut dibagi menjadi beberapa sub judul, meliputi chemical industri, bahaya gas, vertical rescue, dan K3 pada confined space. Agenda hari pertama ini dilaksanakan di area kampus yang bertempat di Gedung Aula Vokasi Universitas Airlangga. Di awal dan akhir acara, peserta diberikan pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman dan daya ingat sebelum melakukan praktik lapangan. Dalam acara juga diselingi beberapa games yang dapat mengembalikan semangat para peserta sehingga mampu fokus kembali pada pemaparan materi selanjutnya.

Pada agenda hari yang kedua, kegiatan Training K3 dilaksanakan di PT. Petrokimia Gresik. Kegiatan ini berisi praktik di lapangan mengenai implementasi praktikum smoke gallery, praktikum tangki minyak, dan praktikum rescue saat berada di ruang terbatas. Dalam kegiatan tersebut para peserta diperlihatkan bagaimana cara penggunaan alat SCBA, penyelamatan korban confined space, dan praktik pemadaman kebakaran. Tidak hanya itu, di akhir acara juga diberikan penugasan study casus untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta mengenai materi confined space.

Animo Masyarakat

Dalam kegiatan Training K3 ini, antusiasme para peserta terlihat sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan ketika setiap trainer menjelaskan, para peserta selalu merespons apa yang telah diketahui dan belum diketahui. Saat sesi tanya jawab, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Bahkan saat praktik di lapangan, para peserta begitu sangat aktif melakukan praktikum kerjanya. Oleh karena itu, harapan dari kegiatan Training K3 ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai bekal terjun langsung di tempat kerja nanti.

Training K3 memberikan contoh nyata bahwa pendidikan tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga di luar dinding-dinding kampus. Kegiatan ini sebagai wujud konkret bahwa mahasiswa dapat belajar praktik langsung dengan ahlinya di sebuah perusahaan. Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud kerjasama dalam dunia pekerjaan, di mana mahasiswa dapat berperan aktif membangun relasi dengan perusahaan terkait.  Pelatihan ini juga berguna untuk mendapatkan sertifikat softskills dan keahlian yang dapat memudahkan mahasiswa untuk melamar pekerjaan. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan memberi inovasi baru bagi generasi mahasiswa selanjutnya.

***

Penulis: Zahrotun Nurlita – Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!