VOKASI UNAIR

Menuju Transformasi Digital Berkualitas Bersama Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Foto bersama panitia dan peserta sosialisasi di Kampung Batik Jetis Sidoarjo/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Transformasi digital yang berkualitas di Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan pilar yang mendasari setiap Perguruan Tinggi untuk turut mengambil peran penting dalam masyarakat. Terdapat tiga poin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Masyarakat.

Pada hari Minggu (3/9) Himpunan Mahasiswa D4 Teknik Informatika Universitas Airlangga menjalankan implementasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi. Poin tersebut ialah pengabdian masyarakat (Pengmas). Pengmas tersebut berlokasi di Kampoeng Batik Jetis, Kelurahan Lemah Putro, Sidoarjo. Kegiatan tersebut merupakan gagasan tiga program studi dari Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dibawah naungan Departemen Teknik.

Implementasi Digitalisasi Marketing Bagian dari Transformasi Digital
Foto saat kegiatan sosialisasi di Kampung Batik Jetis Sidoarjo/dokumen istimewa

Foto saat kegiatan sosialisasi di Kampung Batik Jetis Sidoarjo/dokumen istimewa

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan program kerja rutin yang diadakan oleh Divisi Pengmas (Pengabdian Masyarakat) HIMA D4 Teknik Informatika. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut ialah memberikan sosialisasi, penyuluhan, dan edukasi kepada UMKM Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo. Khususnya terkait penggunaan teknologi dalam strategi pemasaran digital sebagai upaya peningkatan efektivitas pemasaran produk.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari KAHIMA D4 Teknik Informatika, Ketua Bidang Pengmas HIMA D4 Teknik Informatika, Ketua Pelaksana, dan Ketua Paguyuban. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Digital Marketing, narasumber pada kegiatan ini dari Dosen D4 Teknik Informatika Universitas Airlangga. Selanjutnya kegiatan disambung dengan pelatihan pembuatan akun toko di E-Commerce yang dibantu oleh Mahasiswa D4 Teknik Informatika.

Para peserta yang hadir pada kegiatan ini yaitu para pemilik UMKM Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo. Kegiatan yang kami adakan mendapatkan tanggapan positif dari para peserta, dibuktikan pada saat sesi pemaparan materi seluruh peserta dengan seksama memperhatikan dan juga antusias bertanya seputar materi yang dijelaskan oleh narasumber. Bahkan, ada peserta yang menginginkan agar kegiatan pengabdian masyarakat ini diperpanjang agar dapat menghasilkan dampak yang lebih signifikan.

[SERU! HIMA K3 Vokasi Menggelar Roadshow, Berkunjung ke-6 Sekolah di Jawa Timur]

Bazar Sembako Murah
Foto saat kegiatan bazar murah/dokumen istimewa

Foto saat kegiatan bazar murah/dokumen istimewa

Setelah sesi pemaparan materi dan pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan  foto bersama seluruh panitia dan peserta. Puncak acara dari kegiatan ini yaitu diadakannya bazar sembako murah. Para peserta dapat membeli paket sembako berisi berbagai kebutuhan pokok yang dijual dengan harga terjangkau. Antusiasme peserta sangat terlihat ketika pelaksanaan bazar sembako murah, dimana paket sembako terjual habis dalam waktu singkat. Melalui serangkaian kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dan juga untuk perkembangan UMKM Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo kedepannya. Selain bermanfaat bagi masyarakat, kegiatan ini juga memberikan pengalaman berharga bagi kita sebagai mahasiswa untuk lebih berkontribusi dalam memajukan UMKM sekaligus sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!