VOKASI UNAIR

Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik di Sidoarjo

VOKASI NEWS – Tim Departemen Teknik (Deptek) yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Prodi Perpustakaan, Teknik Informatika dan juga Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol berkolaborasi atau kembali mengadakan pengabdian masyarakat di Kampung Batik Jetis, RT. 15/RW. 3 , Kota Sidoarjo, Jawa Timur yang diadakan pada tanggal 3 September 2023.

Pengertian Pengabdian Masyarakat

Pengmas atau disebut juga dengan pengabdian masyarakat merupakan implementasi salah satu aspek dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Dimana yang pertama pendidikan, kemudian yang kedua penelitian dan yang ketiga pengabdian masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan apa yang sudah mahasiswa pelajari selama belajar di kampus dengan menerapkannya langsung kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada semester 4 dan 5.

Foto Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Foto Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kampung Batik Jetis, RT. 15/RW. 3 Sidoarjo. Maka, terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi dan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat. Pengabdian ini juga bisa dilakukan melalui kegiatan workshop, seminar, pengadaan sudut baca, teras Impian, dan juga KKN mengajar.

Pengabdian masyarakat memang sangat penting bagi mahasiswa di perguruan tinggi, karena akan menambah pengalaman mahasiswa, meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sosialnya , dan juga mahasiswa dapat terlibat langsung dengan masyarakat sehingga memperoleh pengalaman berharga yang tidak akan di dapatkan di dunia Kampus.

Peran HImpunan Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat

Peran Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik juga sangat penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang kreatif, terampil dan juga inovatif pada bidang Teknik. Seperti sekarang ini Tim Deptek melakukan kolaborasi Pengabdian Masyarakat dengan mengenalkan atau mempromosikan Aplikasi Dokar-Tech kepada Masyarakat Kampung Batik Jetis RT 15 / RW 3. Yang membuat aplikasi Dokar-Tech adalah para anak-anak Departemen Teknik itu tadi. Dan juga membahas mengenai Preservasi Arsip Keluarga.

Preservasi Arsip itu sendiri adalah proses pelestarian arsip atau kegiatan perlindungan dan perawatan arsip. Sehingga arsip dapat disimpan dan dimanfaatkan dalam jangka waktu lama dan manfaatnya juga sebagai sarana atau metode mengidentifikasi atau menyalin materi yang rusak untuk mengembalikan akses informasi arsip agar terciptanya nilai kebermanfaatan arsip itu sendiri.

Ruang Lingkup Pengabdian Masyarakat

  1. Pemberian bantuan kepada Masyarakat dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi serta mencari alternatif pemecahannya dengan mempergunakan pendekatan ilmiah.
  2. Memberikan jasa pelayanan profesional kepada Masyarakat dalam berbagai bidang permasalahan yang memerlukan penanganan secara cermat dengan menggunakan keahlian dan ketrampilan yang belum dimiliki oleh Masyarakat yang bersangkutan,
  3. Penempatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara benar dan tepat sesuai dengan situasi Masyarakat.tersebut.
  4. Penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya menjadi produk yang perlu diketahui dan dimanfaatkan oleh Masyarakat. Usaha ini dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti memberikan penyuluhan, menyediakan  percontohan, memperagakan dan menerbitkan media publikasi

Dosen Pembimbing: Dessy Harisanty, S.Sos. M.A.

Penulis: Kenang Gusti Arkana

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!