VOKASI UNAIR

KOMPAK 2023: Ajang Kompetisi Mahasiswa Perpajakan di Seluruh Indonesia

Potret saat kegiatan KOMPAK 2023/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kompak 2023 merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa perpajakan di seluruh Indonesia.

HIMA D3 Perpajakan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga kembali menyelenggarakan “Kompetisi Pajak 2023”. Sebutan fenomenal untuk kompetisi tersebut ialah “KOMPAK” 2023. Kompetisi tersebut mengangkat tema “Build Trust with Tax Compliant Generation.”

Tujuan Kegiatan

Kompetisi Perpajakan merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh HIMA D3 Perpajakan Fakultas Vokasi UNAIR. Kompetisi tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa aktif seluruh Indonesia. Mulai dari jenjang D1, D2, D3, hingga D4. Bisa diikuti oleh mahasiswa dari univeristas, institut, sekolah tinggi negeri/swasta, maupun ikatan dinas. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan dengan menjunjung tinggi kejujuran, keadilan, dan kebijaksanaan. Serta dapat menambah pengetahuan dan pengalaman agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang perpajakan.

[BACA JUGA: Jalin Kerjasama, Civitas Akademika Fakultas Vokasi Menggelar Pertemuan dengan Camat dan Lurah Wilayah Kenjeran]

Rangkaian Kegiatan

Dalam rangkaian acara KOMPAK 2023 ini, dimulai dari Pendaftaran yaitu pada tanggal 27 Mei-15 Juli 2023. Kemudian Babak Penyisihan dan Perempat Final (online) pada tanggal 29 Juli 2023. Terakhir, Babak Semifinal dan Final pada tanggal 5 Agustus 2023, secara offline yang dilaksanakan di Kampus B UNAIR, yang dihadiri oleh tiga juri yaitu Choirul Anam, S.A, Nitami Galih Pangesti, S.A., M.A, dan Okta Shindu Hartadinata., SE., MSi., Ak, BKP.

Aturan Main

Selama kompetisi, peserta tidak hanya diuji dalam pengetahuan teoritis mereka tentang peraturan pajak, tetapi juga dalam kemampuan mereka untuk menerapkan pengetahuan ini dalam situasi praktis. Mereka harus mampu menganalisis kasus-kasus perpajakan yang kompleks, memecahkan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam perhitungan pajak, dan menginterpretasikan peraturan perpajakan yang berubah-ubah.

Selain itu, KOMPAK 2023 juga dapat memberikan penghargaan atau pengakuan kepada peserta yang juara, mendorong semangat kompetitif dan dorongan untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka tentang perpajakan. Akhirnya, kompetisi ini memainkan peran penting dalam mempersiapkan generasi mendatang untuk peran yang lebih besar dalam mengelola dan memahami masalah perpajakan, yang sangat relevan dalam konteks ekonomi global yang semakin kompleks.

Para Pemenang

Pemenang KOMPAK 2023 diumumkan setelah pelaksanaan final. Dari hasilnya, tim yang berhasil meraih Juara I yaitu tim “Semoga Menang Amin” dari Universitas Airlangga, Juara II diraih oleh tim “Pricey Water” dari Universitas Indonesia, dan juara III diraih oleh tim “Progresif” dari Universitas Indonesia.

***

Penulis : Niswatul Izza Alfina

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!