VOKASI UNAIR

Final Chapter: Amerta 2023

Potret kegiatan amerta 2023

VOKASI NEWS – Amerta merupakan serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) di lingkup universitas yang bertujuan untuk menanamkan cinta almamater Universitas Airlangga kepada mahasiswa baru.

Apa itu Amerta?

Siapa sih yang tidak mengenal Universitas Airlangga? Atau yang biasa dikenal Kampus Timur Jawa Dwipa? Banyak orang yang memimpikan Universitas Airlangga. Banyak juga orang yang tertarik masuk Universitas Airlangga karena PKKMB nya yang megah. Sebut saja AMERTA yang memiliki kepanjangan Angkatan Muda Ksatria Airlangga.

Para pelajar kelas 3 SMA pun sering dibuat kagum oleh Universitas Airlangga dari segi banyak hal. Termasuk juga yang menyebabkan orang-orang berharap bisa mengikuti rangkaian kegiatan Amerta. Rangkaian kegiatan ini pun panjang sekali namun tetap seru dan menarik. Rangkaian Amerta terdiri dari Amerta Jayendra, PKKMB Universitas, Panca Tirta, Candradimuka, dan puncaknya di Amerta Abhiseka yang sangat seru sekali.

Apa saja yang termasuk rangkaian Amerta?

Seperti yang sudah dipaparkan di paragraf sebelumnya, Amerta memiliki serangkaian acara yang menarik. Mulai dari Amerta Jayendra yaitu hari dimana Ksatria Airlangga muda dikukuhkan sebagai mahasiswa baru Universitas Airlangga. Hari itu juga termasuk awal dari rangkaian kegiatan Amerta ini.

 

Foto saat Amerta Jayendra

Foto saat Amerta Jayendra

Setelah Jayendra terdapat PKKMB materi universitas. Segala hal terkait universitas akan dijelaskan di sesi ini. Mulai dari Civitas Akademika, Sarana Prasarana, ataupun hal-hal yang terkait seperti Ormawa di Universitas Airlangga. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari.

Foto saat PKKMB Materi Universitas

Foto saat PKKMB Materi Universitas

Di hari keempat dan kelima dilanjutkan dengan Panca Tirta dan Candradimuka. Di kegiatan Panca Tirta ini terdapat display UKM yang ada di Universitas Airlangga. Setiap UKM memiliki stand yang bisa digunakan untuk promosi UKM tersebut kepada mahasiswa baru. Dan pada saat Candradimuka terdapat acara seperti FGD, Manifestasi Rasa, ataupun penampilan dari Garuda masing-masing peserta.

PKKMB Fakultas

Hari keenam sampai hari kedelapan terdapat PKKMB Fakultas. Tidak kalah seru dengan PKKMB Universitas, serangkaian PKKMB Fakultas juga sangat menarik untuk dibicarakan. Mulai dari materi Ormawa Fakultas, game, yel-yel, dll. Di hari terakhir pun juga ada Guest Star yang siap menggemparkan panggung PKKMB Fakultas.

Foto saat PKKMB Fakultas

Foto saat PKKMB Fakultas

Amerta Abhiseka

Hari terakhir Amerta adalah hari dimana semua orang ingin masuk ke ACC atau Airlangga Convention Center. Untuk apa? Jelas semua orang ingin melihat Guest Star yang misterius atau dirahasiakan sejak awal PKKMB. Mungkin banyak dari mahasiswa baru mendengar rumor tentang siapa yang menjadi Guest Star dan ternyata rumor itu salah. Dan membuat semua orang bertanya-tanya siapa sih Guest Star yang akan tampil.

Namun tidak hanya Guest Star yang akan berkonser hari itu, Universitas Airlangga juga mengundang tokoh-tokoh. Seperti Wakil Ketua MPR RI, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, dan Asisten Operasi Panglima TNI. Terdapat sesi yang dinamakan Talkshow Dialektika Bangsa di Amerta Abhiseka 2023 ini. Tidak hanya mementingkan keseruan tetapi juga diselipkan materi yang bermanfaat untuk kehidupan Ksatria Airlangga kedepannya.

Final Chapter

Amerta 2023 ini impian sekali. Perlu jalan yang berlika-liku untuk bisa mendapatkan Universitas Airlangga. Universitas Airlangga ini susah sekali untuk ditembus baik lewat jalur apapun. Maka bersyukurlah karena sudah diterima sebagai mahasiswa Universitas Airlangga ini. Apalagi berhasil ikut acara Amerta ini adalah termasuk orang-orang yang sangat beruntung.

Universitas Airlangga dan acara ini sangat worth it untuk diperjuangkan. Untuk Guest Star tahun 2023 ini pun juga sangat worth it untuk gen z seperti angkatan 2023 ini. Guest Star 2023 adalah Lyla. Pasti tau grup band satu ini. Yang sudah legendaris di Indonesia dan lagunya sering muncul di FTV salah satu stasiun TV yang ada di Indonesia.

Foto saat penampilan Guest Star

Foto saat penampilan Guest Star

Terbayar sudah perjuangan Ksatria Airlangga untuk mendapatkan Universitas Airlangga. Karena memang sangat worth it untuk diperjuangkan. Mulai dari Amerta, kualitas pendidikan, ranking, ataupun hal lainnya memang sudah top sekali di Unair ini. Bagaimana kesan mengikuti Amerta 2023 ini? Seru sekali pastinya.

Diharapkan para Ksatria Airlangga Muda ini bisa memberikan kontribusi untuk Unair kedepannya. Sehingga bisa berdampak pada kenaikan peringkat, kualitas pendidikan, sarana prasarana, dll yang ada di Unair ini. Sudah sepatutnya para Ksatria Airlangga memberikan kontribusi seperti prestasi untuk mengharumkan almamater Universitas Airlangga tercnta ini. Semoga Universitas Airlangga semakin jaya.

Penulis : Fiza Aqila – 014231049

Pembimbing : Dessy Harisanty

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!