VOKASI UNAIR

Pengaruh Bus FLASH Terhadap Perkuliahan Mahasiswa Universitas Airlangga

Potret Bus Flash di Halte Srikana Kampus B

VOKASI NEWS – Bus Fast Local Area Shuttle atau yang lebih dikenal dengan bus flash merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Universitas Airlangga untuk mengantarkan para mahasiswa dan staff dari kampus B ke kampus A dan C.

Bus FLASH Unair hadir untuk mempermudah para mahasiswa untuk bertransportasi dari kampus B, kampus A maupun kampus C. Dengan adanya bus ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan polusi dari asap kendaraan di Kota Surabaya. Mahasiswa Unair dapat memanfaatkan fasilitas bus ini secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Serba Serbi Bus Flash

Bus FLASH beroperasi setiap hari Senin-Jum’at mulai pukul 6 pagi hingga pukul 4 sore. Para civitas Universitas Airlangga dapat menunggu kedatangan bus di halte yang tersedia di masing masing kampus, seperti kampus B yang bertempat di jalan Srikana depan Fakultas Vokasi, kampus A di jalan Mayjen. Prof. Dr. Moestopo dan kampus C bertempst di belakang gedung kuliah bersama.

Kehadiran bus ini sangat membantu para mahasiswa yang tidak memiliki kendaran pribadi, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, dengan memanfaatkan bus tersebut mahasiswa juga merasa lebih aman dan nyaman karena bus memiliki fasilitas memadai.

Para mahasiswa dan civitas akademika Universitas Airlangga juga tidak perlu takut terlambat mengikuti kelas. Hal tersebut karena bus FLASH memiliki banyak armada dan jam operasi yang beragam. Adapun jam operasional yakni jam 6, jam 9, jam 12.30. Armada bus akan selalu hadir pada halte setiap 5 menit sekali

Rata rata penumpang bus FLASH adalah mahasiswa semester satu, karena mahasiswa semester 1 memiliki mata kuliah PDB. PDB dikenal sebagai pembelajaran dasar bersama yang harus diikuti oleh semua mahasiswa baru yang bertempat di gedung GKB kampus C. Oleh karena itu, mayoritas penumpang bus adalah mahasiswa semester 1 yang sedang melakukan pembelajaran dasar bersama.

Kapasistas bus FLASH sendiri memiliki kursi sebanyak 30 hingga 35 kursi, sehingga dapat menampung penumpang kurang lebih 60 hingga 70 penumpang. Dengan kehadiran bus ini diharapakan dapat membantu mahasiswa dan seluruh civitas akademika dalam bertansportasi dari kampus ke kampus.

Bus Flash : Upaya Mengurangi Polusi Udara

Kehadiran bus FLASH ini pun turut andil dalam upaya menciptakan kondisi udara yang lebih bersih dan ramah lingkungan di sekitar serta mengurai kemacetan lalu lintas tetapi lebih dari itu yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat, mengurangi polusi udara, dan hemat BBM.

Salah satu penyebab dari polusi udara ialah polutan yang berasal dari transportasi. Jika terjadinya kemacetan terus menerus yang akan terjadi polusi udara di Surabaya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, dengan menggunakan bus diharapkan dapat membantu mengurangi tingkatan polusi udara di Surabaya.

Secara tidak langsung bus FLASH hadir untuk membantu pemerintah dalam upaya untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan dan tingkat kemacetan di Surabaya sehingga para mahasiswa dan civitas Airlangga diharapkan ikut turut andil dalam upaya mengurangi polusi udara dan kemacetan di jalan raya dengan cara beralih menggunakan transportasi bus ini.

Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak menaiki transportasi bus FLASH ini setelah mengetahui manfaat dan keuntungannya seperti diatas. Kembali ke Angkutan Umum membantu berbagai lini kehidupan, baik untuk diri sendiri, orang lain, atau lingkungan.

Penulis : Hadi Purnomo

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!