VOKASI UNAIR

METHANOL (Medical Laboratory Technology Olimpiade) 2023

Foto berlangsungnya kegiatan Methanol 2023 di Gedung Vokasi

Medical Laboratory Technology Olimpiade atau bisa disebut Methanol merupakan ajang kompetisi skala nasional yang diadakan oleh Hima D4 Teknologi Laboratorium Medis. Kegiatan ini merupakan program kerja yang selalu ada setiap tahunnya. Puncak acara Methanol 2023 kali ini diselenggarakan di Gedung A Fakultas Vokasi Universitas Airlangga pada 30 September 2023.
Pada babak Grand Final ini menjadi puncak dari kegiatan Methanol 2023. Dihadiri oleh para peserta yang lolos dari babak sebelumnya menuju babak grand final. Sejumlah peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan membawa nama instansi masing masing untuk merebut kejuaraan di Methanol 2023. Methanol 2023 memiliki 3 cabang lomba, yaitu:

  • LKTI yang diperuntukkan untuk mahasiswa,
  • Olimpiade untuk siswa SMA/K/MA, dan
  • Poster yang dibuka untuk umum.

Pada cabang lomba LKTI, peserta yang lolos akan melakukan presentasi hasil karya nya kepada para juri. Pada cabang lomba olimpiade menghadirkan peserta dari tingkat SMA dan sederajat yang sebelumnya telah melakukan babak penyisihan secara daring. Kemudian para peserta yang lolos melanjutkan ke babak selanjutnya yaitu Semifinal dan Grandfinal. Pada cabang lomba Poster, hasil karya tiap peserta diunggah ke media sosial dan melibatkan masyarakat umum untuk melihat serta menilai hasil karya peserta. Adapun peserta berprestasi pada perlombaan kali ini sebagai berikut:

Lomba LKTI Methanol 2023
  • Juara 1 oleh tim Aulia Dewi Agustina (Universitas Jember),
  • Juara 2 oleh tim Mirzafia Azzahra (Poltekkes Kemenkes Surabaya), dan
  • Juara 3 oleh tim Debora Natasya Yusup (Stikes Nasional Sukoharjo).
Olimpiade Methanol 2023
  • Juara 1 oleh tim Elra Nevatera Kamalida (MBI Amanatul Ummah),
  • Juara 2 oleh tim Dyah Eka Rahmadani (SMAN 1 Cerme), dan
  • Juara 3 oleh tim Virnanda Ramadhani (SMAN 1 Cerme).
Lomba Poster Methanol 2023
  • Juara 1 Salma Rahmawati Azzahra (SMAN 1 Boja),
  • Juara 2 Aulia Rahmadhani Kintarani (Universitas Jember),
  • Juara 3 Niesya Azzura (SMA Pembangunan Jaya Sidoarjo), dan
  • Juara Favorit Amma Yatasaa Aluun (SMA 1 Taruna Madani Jawa Timur).

Saskia Rachma selaku ketua pelaksana mengungkapkan jika Methanol 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini terdapat cabang lomba baru yaitu desain poster. Peminatnya sangat banyak dan diluar prediksi. Dari hal tersebut bisa diketahui bahwa generasi muda aware dengan perkembangan inovasi dan kreativitas. Saskia berharap dengan adanya Methanol, masyarakat umum khususnya siswa/i dapat lebih mengenal program studi Teknologi Laboratorium Medis yang menjadikan sebagai ajang branding di kancah nasional.

“Alhamdulillah dengan adanya Methanol kita seringkali mendapatkan mahasiswa baru yang sebelumnya juga berpartisipasi di Methanol dan mengetahui prodi ini dari diselenggarakannya Methanol setiap tahunnya,”  ujar Saskia sekaligus menutup kalimatnya.

Methanol tahun ini berjalan dengan sangat baik. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat anak muda untuk terus berprestasi dan berinovasi di bidangnya. Selain itu juga diharapkan mampu mencetak generasi berbakat penerus bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Serunya Magang dan Mengikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Surabaya di SDN Kaliasin 1 Surabaya

***

Penulis : Yusriyyah Rahmah Nabilah
Editor : Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!