VOKASI UNAIR

FV UNAIR Beri Pelatihan Creative Content dan Copywriting, Business Model Canvas, dan Digital Photography bagi UMKM Sidoarjo

FV UNAIR Beri Pelatihan Creative Content dan Copywriting, Business Model Canvas, dan Digital Photography bagi UMKM Sidoarjo

VOKASI NEWS – Surabaya, (21/9/23) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV Unair) sekali lagi memperlihatkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo. Dalam upaya ini, FV Unair menggelar pelatihan bisnis yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM di wilayah ini.

Pelatihan yang digelar pada hari Rabu, tanggal 20 September 2023, dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, mengusung tema yang beragam, termasuk Creative Content dan Copywriting, Business Model Canvas, dan Digital Photography. Kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat yang telah menjadi komitmen bagi civitas akademika FV Unair.

Sebanyak 27 UMKM dari Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, yang juga merupakan anggota kelompok usaha KURMA (Kartu Usaha Perempuan Mandiri), hadir dengan antusias. Mereka berharap untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat membantu mengembangkan usaha mereka.

Penyerahan Cindera Mata dari FV Unair kepada Camat Waru

Penyerahan Cindera Mata dari FV Unair kepada Camat Waru

Acara dimulai dengan sambutan dari Camat Waru, Nawari, SH., S.Sos., MM., yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi Sidoarjo dalam meningkatkan kapabilitas UMKM. Nawari juga menekankan pentingnya pelatihan ini yang diselenggarakan secara gratis, memberikan kesempatan berharga kepada peserta.

Ketua pelaksana pengmas, Novyandri Taufik Bahtera, S.E., M.Sc., juga memberikan sambutan, menjelaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bentuk kontribusi nyata dari perguruan tinggi terhadap pembangunan ekonomi lokal.

Pelatihan dimulai dengan sesi pertama, di mana Novyandri memaparkan Business Model Canvas (BMC). Materi ini memberikan pandangan komprehensif tentang model bisnis, membantu UMKM merencanakan strategi, dan meningkatkan pengelolaan bisnis mereka.

Paparan Materi Content Markeeting dan Copywriting oleh Moh. Darus

Paparan Materi Content Markeeting dan Copywriting oleh Moh. Darus

Pelatihan Content Marketing dan Copywriting

Materi kedua, yang disampaikan oleh Moh. Darus Salam, S.E., M.B.A., membahas Content Marketing dan Copywriting. Darus menekankan pentingnya segmentasi pasar untuk menciptakan konten yang tepat sasaran dan menggunakan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) untuk meningkatkan penjualan produk.

Sesi terakhir dipimpin oleh Sidarta Prassetyo, S.S., M.A.TESOL, yang membahas Digital Photography. Sidarta memberikan wawasan tentang pentingnya fotografi dalam bisnis online dan memberikan tips praktis tentang cara memotret produk, khususnya makanan, dengan menggunakan perangkat seluler. Ia juga mengajak peserta untuk mengambil foto produk mereka sendiri, sehingga mereka dapat langsung mendiskusikan hasilnya.

Peserta pelatihan sangat antusias dan berharap agar kegiatan serupa dapat diadakan lagi di masa mendatang. Diakhir setiap sesi, peserta diberikan tugas proyek untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam bisnis mereka, sehingga keberhasilan pelatihan dapat diukur dengan lebih konkret.

Inisiatif FV Unair dalam memberikan pelatihan ini tidak hanya mendukung pengembangan UMKM tetapi juga memperkuat sinergi antara perguruan tinggi, instansi pemerintah dan masyarakat lokal dalam upaya meningkatkan kualitas ekonomi dan bisnis di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Penulis: Novyandri Taufik Bahtera

Editor: Muhammad Duiqi Afiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!