VOKASI UNAIR

Implementasi Program Watch and Write Pada Kegiatan Kebun Literasi

Suasana kegiatan kebun literasi dengan program harian watch and write 2023( Foto: Nasywa Khoshibah N)

VOKASI NEWS – Kebun literasi merupakan kegiatan yang di dalamnya memuat program watch and write untuk meningkatkan konsentrasi dan kemandirian anak.

Kebun literasi merupakan kegiatan peningkatan minat baca atau literasi yang dimulai dari lingkungan anak-anak yang diselenggarakan secara mandiri oleh dosen program studi D3 Perpustakaan, Universitas Airlangga yang didukung mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga.

Bulan lalu pada tanggal 06 Oktober 2023, telah diadakan program watch and write pada kegiatam kebun literasi, kegiatan kebun literasi ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali di hari jum’at dengan berbagai program disetiap kegiatanya. Dengan mengajak anak-anak disekitar lingkungan jl mojo serta dengan pendampingan dan Kerjasama dengan Karang Taruna dilingkungan tersebut.

[BACA JUGA: Peran Desain Ruangan X-Ray Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Anak di Instalasi Radiologi]

Program Watch and Write

Program watch and write mengajak anak-anak untuk dapat melatih konsentrasi dan kemandirian. Hal itu karena pada program ini, anak-anak tersebut diajak untuk menonton video animasi kartun. Sembari menampilkan beberapa tokoh di dalamnya, anak-anak diajak untuk menyimak video tersebut dengan seksama. Setelah itu, anak-anak diharuskan memilih, dan menentukan tokoh favorit pilihan mereka disertai alasannya. Anak-anak akan menggambarkanya ke media kertas dengan spidol yang sudah disediakan.

Program tersebut diadakan selama kurang lebih 45-60menit dengan penuh antusias oleh anak-anak. Selain itu, antusiasme dari anak-anak untuk menceritakan tokoh pilihanya juga sangat tinggi, kemudian, setelah selesai pelaksanaan program, tidak lupa, pihak mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga, juga memberikan reward kepada partisipan berupa snack sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih karena telah membantu pelaksanaan program dengan baik.

Kemudian program tersebut ditutup dengan kegiatan pengambilan foto dan video bersama sebagai bentuk dokumentasi kegiatan pada hari tersebut dengan kondusif dan terarah.

***

Penulis : Firdha Amelia A

Editor  : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!