VOKASI UNAIR

Mahasiswa/i Keperawatan Vokasi UNAIR Melakukan Edukasi PHBS Kepada Siswa-Siswi SDN Sumengko

VOKASI NEWS – Munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah berkaitan erat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Masalah-masalah yang terjadi pada usia anak sekolah dasar semakin memperjelas bahwa nilai-nilai PHBS di sekolah masih minim dan belum mencapai tingkat yang diharapkan.

Pentingnya mengedukasi dan mengajarkan perilaku hidup sehat sejak dini pada anak-anak untuk mengajarkan perilaku kebiasaan baik, menjaga sanisitas hidup dengan baik dan nantinya akan menjadikan kebiasaan yang sehat pada anak-anak sampai tumbuh dewasa. Kebersihan diri ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya untuk terhindar dari penyakit, tetapi akan membuat suasana menjadi nyaman untuk ditempati dan melakukan aktivitas.

Manfaat yang dapat kita berikan terhadap seseorang atau pada anak-anak terkait edukasi personal hygine, diantaranya seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit (demam, keracunan makanan, demam tifoid atau tifus, cacingan, gigi berlubang), meningkatkan kesehatan atau meningkatkan imunitas dalam tubuh dan meningkatkan kepercayaan seseorang atau individu.

Hidup bersih merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk dipahami terutama sejak dini pada anak-anak yang bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Biasanya kebersihan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan setiap individu ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti selalu mencuci tangan, menjaga kebersihan gigi dan juga mengkonsumsi makanan sehat sejak dini khususnya pada anak-anak.

Kebersihan Tangan

Sebagian besar infeksi bisa terjadi karena anak-anak menyentuh makanan atau mulut dengan kondisi tangan yang kotor. Maka dari itu, apabila siswa siwi di SDN Sumengko menerapkan 6 langkah mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitiser merupakan salah satu cara menjaga kebersihan diri yang bisa di lakukan untuk menghindari infeksi penyakit.

Mengingat bahwa kebiasaan menjaga PHBS yang diterapkan sejak dini akan membawa dampak positif kepada status kesehatan anak-anak secara holistik yang akan dijadikan habit dikehidupan sehari-hari.

Kebersihan Mulut dan Gigi

Munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia (6-10 tahun) ternyata umumnya berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, ditemukan beberapa anak yang tidak menggosok gigi pada saat mandi dan sebelum tidur sehingga gigi mereka berlubang.

Kondisi tersebut harus segera diantisipasi dengan meningkatkan pola hidup sehat melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Berdasarkan hasil penyuluhan yang dilakukan kepada siswa di SD Sumengko mengatakan tidak mengetahui cara menggosok gigi dengan baik dan benar.

Program kerja lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan derajat kesehatan siswa siswi di SD sumengko dengan melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan cara gosok gigi yang benar.

Hygine Makanan

Makanan terkontaminasi adalah salah satu penyebab penyakit paling umum di dunia. Makanan yang tidak disimpan dengan benar atau disimpan terlalu lama dapat mengandung senyawa kimia atau tumbuhnya mikroorganisme pada makanan.[3] Ketika memasak makanan sendiri, ada baiknya untuk mencuci makanan terlebih dahulu untuk membuang kontaminasi oleh lalat, dan tangan atau air yang kotor. Setelah mencuci, pastikan makanan dimasak dengan benar untuk membunuh bakteri yang masih bersisa.

Ketika membeli makanan sudah jadi, sudah merupakan tugas penjual makanan tersebut untuk menyediakan makanan dengan pantas dan bersih. Penyedia makanan harus mengikuti standar regulasi yang ditetapkan agar tidak memberikan penyakit kepada pelanggannya. Tetap saja ada baiknya untuk tetap berhati-hati saat memakannya, misalnya dengan mencuci tangan terlebih dahulu atau dengan menggunakan peralatan makanan sendiri yang bersih

Kondisi sehat dapat dicapai dengan mengubah perilaku dari yang tidak sehat menjadi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Oleh karena itu dalam pengabdian masyarakat ini sangat perlu sekali dilakukan sosialisasi tentang PHBS terutama pada anak-anak, dimana dalam hal ini yang menjadi fokus pengabdian adalah membentuk kebiasaan mencuci tangan, menjaga kebersihan gigi dan juga mengkonsumsi makanan sehat sejak dini.

Penulis: Tri Saptia Wulandari

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah – Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!