VOKASI UNAIR

4 Manfaat dari Program “Aktivitas Kreatif: Awan Impian” di Kebun Literasi

VOKASI NEWS – Program kegiatan Aktivitas Kreatif: Awan Impian menggunakan origami di pojok baca. Origami sendiri merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang, membawa banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak tentunya. Artikel ini akan menjelaskan mengapa program kegiatan Aktivitas Kreatif : Awan Impian menggunakan origami di pojok baca merupakan pendekatan yang baik untuk meningkatkan kreativitas anak.

Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Origami melibatkan penggunaan tangan dan jari untuk melipat dan membentuk kertas menjadi berbagai bentuk. Kegiatan ini dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak, seperti koordinasi tangan-mata, kepekaan sensorik, dan kekuatan otot jari. Dengan melibatkan anak dalam program kegiatan Aktifitas Kreatif : Awan Impian menggunakan origami di pojok baca, secara bertahap mereka dapat  meningkatkan keterampilan motorik halusnya dengan cara yang menyenangkan dan menarik dan menyenangkan.

Merangsang Kreativitas dan Imajinasi

Origami membantu anak-anak dengan bebas menggunakan imajinasi dan kreativitasnya untuk melipat kertas menjadi berbagai bentuk. Berkat program kegiatan Aktifitas Kreatif : Awan Impian menggunakan origami di pojok baca ini, anak-anak diajak untuk berkreasi sendiri dengan menggunakan teknik melipat yang telah disediakan. Hal ini merangsang kemampuan anak untuk berpikir kreatif, mengembangkan ide-ide baru dan mengekspresikan imajinasinya dengan cara yang unik.

Meningkatkan Konsentrasi dan Kesabaran

Melipat kertas origami memerlukan konsentrasi dan kesabaran yang tinggi  untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dalam program kegiatan origami yang kami sediakan di pojok baca, anak-anak belajar fokus pada tugasnya dan dengan sabar mengikuti proses melipat. Ini membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi anak-anak serta mengajarkan mereka pentingnya ketekunan untuk mencapai tujuan.

 Membangun Keterampilan Sosial

Program aktivitas origami di pojok baca juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan teman sebaya mereka. Mereka dapat berbagi ide, bekerja dalam kelompok kecil, dan saling membantu dalam memahami instruksi lipatan. Ini membantu membangun keterampilan sosial anak-anak, seperti kerjasama, komunikasi, dan pemecahan masalah dalam konteks yang menyenangkan dan kolaboratif.

Program Aktivitas Kreatif: Awan Impian menggunakan origami di pojok baca merupakan pendekatan yang efektif untuk mengembangkan kreativitas anak-anak. Melalui origami, anak-anak dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, merangsang kreativitas dan imajinasi, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan konsentrasi dan kesabaran, serta membangun keterampilan sosial. Dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk terlibat dalam program ini, kita dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang secara holistik sambil menjelajahi dunia seni dan kreativitas.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!