VOKASI UNAIR

Fakultas Vokasi UNAIR Menerima Kunjungan Lapangan dari Direktorat Pendidikan Tinggi, dan Kementerian PPN/BAPPENAS

Fakultas Vokasi UNAIR menerima kunjungan lapangan/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Fakultas Vokasi UNAIR menerima kunjungan lapangan dari Direktorat Pendidikan Tinggi dan Iptek, dan Kementerian PPN/Bappenas.

Direktorat Pendidikan Tinggi dan Iptek Kementerian PPN/Bappenas sedang melaksanakan kegiatan evaluasi atas pelaksanaan Major Project Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk industri 4.0. Hal itu sebagaimana diamanahkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

[BACA JUGA: Fv Menyelenggarakan Berbagai Jenis Lomba, Daftarkan Dirimu Segera!]

Pendidikan dan pelatihan vokasi menjadi penting untuk dikembangkan. Seiring dengan tumbuhnya industri 4.0 secara masif yang perlu diadopsi untuk meningkatkan daya saing Indonesia. SDM Indonesia membutuhkan keahlian yang mampu memanfaatkan teknologi industri 4.0 secara optimal. Pendidikan dan pelatihan vokasi yang berbasis pada perkembangan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) perlu didorong untuk memastikan penyediaan tenaga kerja berkeahlian unggul dan berdaya saing.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada tahun anggaran 2023, Direktorat Pendidikan Tinggi dan Iptek, Kementerian PPN/BAPPENAS menyelenggarakan Evaluasi Major Project Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0. Pengumpulan data dan informasi pada kegiatan evaluasi paruh waktu ini akan dilaksanakan melalui rapat koordinasi, kunjungan lapangan, dan seminar tematik dengan pihak-pihak terkait.

Tujuan Kegiatan Kunjungan Lapangan

Adapun dilakukannya kunjungan lapangan ialah memantau proses dan menganalisis hasil pelaksanaan program Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Dari kegiatan itu bisa didapatkan rekomendasi untuk perbaikan kebijakan ke depan.

Atas dasar itulah, Fakultas Vokasi UNAIR menerima kunjungan lapangan, dialog, dan wawancara dari pegawai Drektorat Pendidikan Tinggi dan Iptek, dan Kementerian PPN/Bappenas. Secara spesifik tujuan kegiatan ialah:

  1. mengevaluasi proses bisnis dan substansi kegiatan MP Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0 selama tahun 2020-2022
  2. menganalisis faktor-faktor penghambat dan upaya terobosan untuk efektivitas implementasi selama tahun 2020-2022; dan
  3. menyusun rekomendasi kebijakan untuk optimalisasi pelaksanaan MP Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0 tahun 2023-2024.
Jadwal Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Rabu,(8/11), pukul 09.30 WIB bertempat di Ruang Radek Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Kampus B. Adapun yang turut hadir dalam acara ialah Para Wakil Dekan, Ketua dan Tim AMA, Ketua dan SPM, dan Para Kasubag.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!