VOKASI UNAIR

Membingkai Pesona Budaya Nusantara melalui Pameran Kebudayaan Program Studi D3 Bahasa Inggris

Foto kegiatan pesona budaya nusantara

VOKASI NEWS –  Pesona budaya nusantara dikemas dalam kegiatan pameran kebudayaan yang dilakukan oleh Prodi D3 Bahasa Inggris.

Program studi D3 Bahasa Inggris Fakultas Vokasi Universitas Airlangga sukses mempersembahkan pameran Kebudayaan. Pameran tersebut bertajuk “ Memahami Kebudayaan Indonesia ”. Acara ini diselenggarakan di lobi Gedung A pada hari Rabu (15/11) sebagai bagian integral dari mata kuliah Cross Cultural Understanding yang sedang ditempuh mahasiswa D3 Bahasa Inggris semester 4.

Pameran yang diadakan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa mengenai keberagaman budaya Nusantara. Sekaligus memberikan pengalaman imersif terkait penyelenggaraan pameran kebudayaan dari persiapan hingga pelaksanaan. Melalui pameran ini, beberapa mahasiswa juga akhirnya mendapat kesempatan untuk belajar meracik, dan mengolah sendiri berbagai hidangan khas berbagai daerah.

[BACA JUGA: Menyelami Teknologi Radiologi Pencitraan Melalui Workshop Advance Magnetic Resonance Imaging]

Perwakilan Keragaman Budaya Indonesia

Sepanjang acara pesona budaya nusantara, mahasiswa merepresentasikan beragam etnik dan kebudayaan Indonesia dengan menampilkan pakaian adat, hidangan khas, permainan tradisional, tradisi, senjata tradisional, dan berbagai artikel terkait kebudayaan yang direpresentasikan. Pengunjung yang datang akan berkesempatan mencoba permainan, mendengarkan lagu daerah, menonton video tarian tradisional, dan mencoba hidangan khas daerah. Beberapa mahasiswa asing pun tertarik untuk datang dan mencoba berbagai hal yang ditawarkan di pameran Kebudayaan.

Tujuan kami dengan pameran ini adalah memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa untuk memahami lapisan-lapisan yang kompleks dari warisan budaya Indonesia. Dengan terlibat secara aktif dalam berbagai elemen budaya Indonesia, kami bertujuan untuk memupuk pemahaman yang lebih dalam dan dihargai di antara mahasiswa terhadap tradisi yang beragam membentuk bangsa kita.” ,” ungkap Celya Intan Kharisma Putri, sebagai Penanggung Jawab Mata Kuliah. 

Pameran ini bukanlah kali pertama yang diadakan sebagai praktikum mata kuliah. Sebelumnya, pameran diadakan pada tahun 2019 dengan menampilkan budaya dari berbagai negara di dunia. Pameran ‘Memahami Kebudayaan Indonesia’ terbuka untuk mahasiswa, anggota fakultas, dan masyarakat umum. Khususnya bagi peserta yang ingin memperluas pengetahuan dan apresiasi terhadap kekayaan budaya Indonesia. Acara pesona budaya nusantara tersebut diharapkan terus berlanjut tiap tahun sebagai variasi pembelajaran yang praktis dan otentik bagi civitas akademika D3 Bahasa Inggris dan populasi yang lebih luas. 

***

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!