VOKASI UNAIR

Studi Banding Universitas Katolik Parahyangan: Tinjau Vokasi Cetak Alumni yang Kompeten di Industri

Studi Banding Universitas Katolik Parahyangan/studi banding

VOKASI NEWS – Studi banding Universitas Katolik Parahyangan di Fakultas Vokasi UNAIR untuk meninjau metode Fakultas Vokasi mencetak alumni kompeten.

Pada Kamis (14/12), Fakultas Vokasi UNAIR menerima kunjungan studi banding dari Universitas Katolik Parahyangan. Kegiatan studi banding ini disambut baik oleh Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Wakil Dekan III Fakultas Vokasi hadir dan memberi sambutan hangat dalam kegiatan studi banding tersebut. Selain Wakil Dekan III, turut hadir pula Kepala Departemen Bisnis, dan Kepala Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi UNAIR.

BACA JUGA: Mahasiswa Sadar Arsip! di Era Kearsipan dan Informasi Digital

Kolaborasi Antar Kampus Dapat Terjalin

Terselenggaranya kegiatan tersebut memberikan energi baru bagi vokasi. Rangkaian kegiatan tersebut memberikan wawasan dan pemahaman mendalam tentang manajerial sistem pendidikan vokasi. Wakil Dekan III Fakultas Vokasi UNAIR dalam sambutannya menjelaskan tata pengelolaan di FV Universitas Airlangga. Sebagaimana diketahui bersama bahwa ada tiga depertemen yang ada di bawah naungan Fakultas Vokasi UNAIR. Perwakilan dari Universitas Katolik Parahyangan menyambut baik penjelasan dari Wakil Dekan III FV UNAIR. Harapannya, kedua universitas dapat berkolaborasi dalam menjalankan program kerja tertentu.

Pada pelaksanaan studi banding disambut dengan antusias oleh para civitas Universitas Katolik Parahyangan. Beberapa pertanyaan menarik yang diberikan salah satunya adalah bagaimana program Vokasi di Universitas Airlangga bisa dirasakan dengan penuh kesadaran oleh para civitas. Pertanyaan ini ditanggapi dengan baik oleh Kepala Departemen (Kadep) Bisnis dan Kesehatan. Kadep menjelaskan bahwasa pada masa berdirinya Fakultas Vokasi tentu harus memiliki pondasi yang sangat kuat. Membangun pola berpikir dosen dan juga mahasiswa pun tidak mudah. Salah satu poin dalam pengembangannya yaitu melibatkan seluruh dosen Fakultas Vokasi dalam setiap kegiatan asosiasi Vokasi seluruh Indonesia. Tujuannya ialah untuk menyatukan perspektif tentang Vokasi sendiri.  

Vokasi Fokus Mencetak Lulusan yang Kompeten

Vokasi merupakan salah satu fakultas yang memiliki keunikan dan nilai tambah didalamnya. Berbeda dengan sarjana yang berfokus pada kegiatan akademik, lulusan Vokasi lebih berfokus pada pengembangan metode praktik yang menjadikan lulusannya memiliki potensi di industri. Harapan yang besar pun diungkapkan bahwa ke depan, Fakultas Vokasi bukan lagi menjadi pilihan kedua, ketiga, dan seterusnya. Akan tetapi akan menjadi pilihan pertama bagi calon mahasiswa yang lebih menyenangi hal yang dominan dengan pembelajaran praktik. Implementasi ini juga di dukung oleh Kemendikbud-Ristek yang membentuk Ditjen Vokasi. Kuota pendaftaran Vokasi hari ini tidak hanya dibuka melalui mandiri saja, namun juga melalui jalur SNBP dan SNBT. Nantinya Vokasi dapat memberikan harapan baru bagi Indonesia untuk melahirkan alumni yang berpotensi pada bidang praktek. Tentunya praktek yang bermanfaat bagi dunia industri.

***

Penulis             : Ani Rahmawati Kusumaningrum  – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!