VOKASI UNAIR

Melatih Ketelitian Anak Melalui Program ‘Dunia Kata’ di Kebun Literasi

Suasana kegiatan kebun literasi dengan program Dunia Kata 2023 (Foto: Nasywa Khoshibah N)

VOKASI NEWS – Kebun literasi menjadi tempat untuk melatih ketelitian anak melalui Program ‘Dunia Kata.’

Kebun literasi merupakan wadah peningkatan minat baca yang diperuntukkan bagi anak-anak. Wadah menumbuhkan minat baca-tulis tersebut diinisiasi oleh Dosen Prodi D3 Perpustakaan UNAIR. Fasilitas yang dibangun secara mandiri tersebut bisa pula dimanfaatkan sebagai ‘laboratorium’ bagi mahasiswa D3 Perpustakaan UNAIR. Terbuka juga bagi mahasiswa dari lintas prodi.

Setiap Hari Jumat, di Kebun Literasi mengadakan agenda belajar dan bermain. Agenda tersebut diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Salah satu jenis kegiatan yang dilakukan ialah Program ‘Dunia Kata.’ Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 24 November 2023.

BACA JUGA: AIRTYTION 2023: Airlangga Hopitality Competition

Keceriaan Anak Terbalut dalam Program Dunia Kata

Program Dunia Kata mengajak anak-anak untuk belajar menemukan kata, membaca kata baru dari buku cerita yang diceritakan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan UNAIR. Melalui secarik kertas yang berisi huruf acak, anak-anak diminta untuk menemukan kata yang terselip di dalamnya. Kata yang terselip itu tentunya diambil dari buku cerita yang sudah dibaca sebelumnya. Dari adanya kegiatan itu, konsentrasi anak dapat terlatih. Ketelitian dan kesabaran anak pun dapat diasah dengan baik. Alhasil, secara tidak langsung, dengan balutan keceriaan, literasi pada anak pun mulai tertanam.

Permainan tersebut selama kurang lebih 45-60 menit dengan antusiasme yang tinggi oleh anak-anak dan juga karang taruna dilingkungan tersebut. Setelah selesai pelaksanaan program, tidak lupa, kelompok mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga juga memberikan reward kepada partisipan.  Pada akhirnya kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan pengambilan foto dan video kesan dan pesan dari para partisipan.

***

Penulis             : Firdha Amelia A

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!