VOKASI UNAIR

SMK Analis Kesehatan Jember Melakukan Goes to Campus ke Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Fakultas Vokasi UNAIR menerima kunjungan studi dari SMK Analis Kesehatan Jember-Dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Fakultas Vokasi UNAIR menerima kunjungan studi dari SMK Analis Kesehatan Jember.

Pada hari Senin (8/1) di Ruang Rapim I FV UNAIR, kunjungan studi dari SMK Analis Kesehatan Jember berlangsung dengan khidmat dan sukses. Kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa kelas XII dan 8 pendamping dari SMK Analis Kesehatan Jember. Selain itu, Ibu Sianiwari Goenharto, drg., M.S. selaku Kadep Kesehatan FV UNAIR juga turut hadir untuk memberikan materi mengenai FV UNAIR, terutama untuk departemen kesehatan.

Goes to Campus dari SMK Analis Kesehatan Jember kali ini bertujuan agar para siswa dapat mengetahui lebih dalam mengenai pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan pendidikan saat ini. Tidak hanya itu, para siswa juga diharapkan mendapat ilmu tambahan yang dapat membuka pandangan para siswa mengenai pendidikan lanjut di perguruan tinggi.

Perkenalan Fakultas Vokasi UNAIR

Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dari Ibu Sianiwari dan juga perwakilan dari SMK Analis Kesehatan Jember. Selanjutnya, kegiatan memasuki sesi utama yaitu perkenalan mengenai Fakultas Vokasi UNAIR. Dalam sesi ini, mahasiswa tidak hanya dijelaskan mengenai departemen kesehatan yang mana menjadi minat mereka, namun juga dengan departemen lainnya.

Seperti yang diketahui, Fakultas Vokasi dibentuk pada tahun 2014 dan saat ini telah memiliki 19 program studi. Meskipun begitu, prodi yang ada dalam FV UNAIR ini telah ada sejak lama sehingga tidak dapat diragukan lagi kualitas pendidikannya. Adapun pembagian prodi tersebut sesuai dengan departemen sebagai berikut:

  1. Departemen Kesehatan (8 Program Studi),
  2. Departemen Bisnis (8 Program Studi), dan
  3. Departemen Teknik (3 Program Studi).

Sarjana Terapan Kesehatan

Perlu diketahui, siswa SMK Analis Kesehatan Jember yang berkunjung kali ini merupakan siswa dari jurusan minat Teknologi Laboratorium Medis (TLM). Hal tersebut sangat sesuai dengan salah satu jurusan dari departemen kesehatan FV UNAIR, D4 Teknologi Laboratorium Medis. Program studi ini berfokus dalam keilmuan kesehatan di bidang analisis kesehatan dalam tubuh manusia.

Dalam kegiatan ini, Ibu Sianiwari beserta dua dosen TLM membagikan beberapa informasi mengenai TLM. Salah satunya yaitu pentingnya pendidikan lanjut kesehatan bagi para siswa SMK Analis Kesehatan Jember. Hal tersebut disebutkan karena lulusan SMK TLM hanya mampu menjadi pelaksana dari kebutuhan kesehatan di lingkungan kerja. Berbeda hal nya dengan lulusan Sarjana Terapan yang mana tidak hanya menjadi pelaksana, namun juga menjadi penanggung jawab dalam menganalisis dan juga validasi kesehatan.

BACA JUGA: Kunjungan Inbound Part Time-Cultural Exchange dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia

Meskipun benar adanya bahwa lulusan SMK TLM memiliki banyak peluang pekerjaan kedepannya, namun dengan dilanjutkannya pendidikan tersebut ke jenjang yang lebih tinggi akan membuka peluang siswa menjadi lebih luas dan unggul. Dengan begitu, pendidikan lanjutan setelah SMK sangatlah penting bagi siswa kesehatan.

Dengan adanya kunjungan studi ini, diharapkan siswa SMK Analis Kesehatan Jember yang hadir dapat mengetahui lebeih banyak mengenai Fakultas Vokasi, terutama departemen kesehatan. Selain itu, kunjungan ini juga diharapkan mampu menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan perguruan tinggi di masa depan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat, Voks!

***

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!