VOKASI UNAIR

Strategi Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Produk Gkb Centro Di PT. Bumi Lingga Pertiwi

Strategi Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Produk Gkb Centro Di PT. Bumi Lingga Pertiwi

VOKASI NEWS – Strategi promosi sangat berperan penting dalam mempertahankan usaha ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Persaingan ketat melibatkan banyak pelaku usaha agar mampu beradaptasi dengan perkembangan kondisi bisnis. Dalam menghadapi persaingan ini, maka para pemilik usaha harus memerlukan strategi yang baik untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Strategi pemasaran adalah bentuk perencanaan yang ditemukan di bidang pemasaran.

Secara umum, pemasaran adalah suatu proses sosial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain. Sedangkan strategi promosi adalah kegiatan yang direncanakan dengan menggunakan berbagai variabel-variabel promosi sebagai alat. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberitahukan, membujuk dan mengingatkan konsumen agar membeli produk.

Alat-Alat Bauran Promosi

  • Periklanan (Advertising). Periklanan adalah komunikasi satu lawan satu, yang dilakukan oleh perusahaan organisasi, dan individu melalui berbagai media. Tujuan periklanan adalah untuk mendukung rencana penjualan dan kegiatan promosi yang lainnya, untuk menjangkau orang-orang yang tidak dapat dijangkau penjual/salesman dalam jangka waktu tertentu.
  • Promosi Penjualan (Sales Promotion). Promosi penjualan adalah suatu kegiatan perusahaan dimana produk yang dijual oleh perusahaan dijual dengan cara mudah dilihat oleh konsumen, bahkan dengan lokasi dan pengaturan tertentu dapat menarik konsumen terhadap produk tersebut.
  • Hubungan Masyarakat. Sejumlah informasi tentang seseorang, barang atau organisasi yang disebarluaskan ke Masyarakat melalui media tanpa di pungut biaya, atau tanpa pengawasan dari sponsor.
  • Penjualan Personal (Personal Selling). Personal selling lebih fleksibel dibanding dengan alat promosi lainnya, karena pemasar atau tenaga penjual dapat langsung memahami keinginan, motif, dan perilaku konsumen serta melakukan penyesuaian secara langsung

Tujuan Promosi Penjualan

  1. Meningkatkan volume kunjungan. Dalam promosi penjualan, dapat dikatakan hamper seluruh promosi penjualan dapat meningkatkan banyaknya orang yang berkunjung pada sebuah tempat penjualan, hal ini diluar waktu-waktu tertentu seperti ada acara khusus atau diskon musiman.
  2. Meningkatkan frekuensi dan jumlah pembelian. Hal ini mungkin sering kita jumpai dalam berbagai event seperti di mall. Karena hal ini sering dijadikan alasan dalam melakukan promosi penjualan bayar 1 dapat 2, beli 1 dapat diskon gratis untuk pembelian selanjutnya. Merupakan contoh dari promosi persepsi konsumen kepada penjualan, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta merupakan tujuan jangka pendek.
  3. Meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan akan muncul apabila kepuasan atas jasa atau produk yang diberikan serta berlanjut dengan menjadi hubungan jangka Panjang yang saling menguntungkan.
  4. Meningkatkan Pembelian coba-coba (Trial). Melakukan pembelian coba-coba maka yang menjadi target utama adalah konsumen yang belum pernah menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan sebelumnya atau mereka sudah lama tidak menggunakannya kembali.
  5. Menciptakan ketertarikan. Promosi penjualan terhadap suatu nilai maka akan menciptakan ketertarikan yang umumnya bercirikan rumor, hasil penemuan, menjadi topik pembicaraan, dan hubungan dengan gaya (style)
  6. Menciptakan Kesadaran (Awareness). Melakukan re-launched suatu produk maka yang menjadi tujuan utama dalam melakukan hal tersebut yaitu menciptakan kesadaran.

Alat Promosi Jualan

Adapun alat promosi konsumen utama dapat meliputi produk, kupon, pengembalian tunai, harga khusus, premi, barang khusus iklan, penghargaan tunai, pajangan dan demonstrasi barang pada pembeli.

  • Sampel: Cara efektif serta paling mahal dalam memperkenalkan produk baru. Sampe dapat diberikan secara cuma-cuma tapi juga ada yang berbayar.
  • Kupon: Kupon dapat meningkatkan penjualan merek yang sudah matang atau mempromosikan ulan untuk percobaan awal suatu merek baru, hal ini serupa dengan potongan harga untuk pembelian produk tertentu.
  • Premium (Hadiah): Barang yang telah ditawarkan secara gratis atau dengan harga yang miring sebagai hadiah untuk membeli suatu produk.
  • Sampel: Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mencoba tertentu sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk

BACA JUGA: Microneedle Patch Berbasis Kitosan dengan Ekstrak Lempuyang dan Bangle Sebagai Alternatif Terapi Osteoarthritis

***

Penulis: Aldi Rabbani Rachmadi dan Edwin Fiatiano

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!