VOKASI UNAIR

Terapi Pijat Tradisional Bali untuk Meningkatkan VO2Max Seorang Atlet Basket Putri

TERAPI PIJAT TRADISIONAL BALI UNTUK MENINGKATKAN VO2MAX SEORANG ATLET BASKET PUTRI

VOKASI NEWS – Terapi pijat tradisional Bali sangat bermanfaat bagi kondisi fisik dan stamina atlet basket putri Jawa Timur.

Setiap atlet wajib memperhatikan kondisi fisiknya sebelum bertanding. Salah satu yang dapat diperhatikan dan ditingkatkan yaitu pada VO2Max. VO2Max merupakan indikator untuk melihat tingkat daya tahan kardiovaskular seseorang. Olahraga basket merupakan gabungan jenis olahraga aerobik dan anaerobik, yang mana memerlukan daya tahan kardiovaskular yang baik agar dapat bermain bagus. Pemijatan dapat diberikan sebagai salah satu cara alternatif untuk meningkatkan daya tahan. Sehingga mahasiswi D4 Pengobat Tradisional melakukan suatu penelitian untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh pemberian pijat tradisional Bali terhadap VO2Max pada atlet basket putri. 

Atlet dan Kondisi Fisiknya

Seorang atlet wajib memperhatikan kondisi fisiknya sebelum berlatih maupun bertanding. Hal ini dilakukan untuk menunjang kemampuan dalam penguasaan teknik, taktik, mapun mental seorang atlet saat bertanding. Salah satu kondisi fisik yang wajib diperhatikan yaitu daya tahan tubuh. Daya tahan dapat dinilai dari tingkat VO2Max. Semakin tinggi nilai VO2Max, maka semakin baik kemampuan atlet dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk bekerja secara maksimal dalam durasi waktu yang lama. 

Pijat Tradisional Bali

Pijat merupakan teknik yang digunakan dengan cara usapan dan penekanan secara langsung pada tubuh untuk memberikan efek stimulasi dan relaksasi, melancarkan peredaran darah dan limfe, serta meningkatkan kebugaran tubuh. Pasti setelah diberikan terapi pijat badan langsung terasa lebih bugar dan rileks. Di Indonesia, banyak jenis pijat tradisional yang memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya pijat Bali yang menggunakan pendekatan budaya Hindu-Bali.

Penelitian ini menggunakan responden aktif dari Perbasi Koni Jawa Timur. Terapi dilakukan selama 8 minggu dan dilakukan pengujian Pretest, Monitoring, dan Posttest menggunakan Bleep Test. Setelah di peroleh nilai VO2Max, maka dilakukan membandingkan nilai VO2Max sebelum dan sesudah di berikan terapi. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah terdapat pengaruh pemberian pijat tradisional Bali untuk meningkatkan nilai VO2Max. 

Pengaruh Terapi Pijat Tradisional Bagi Atlet

Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh terapi pijat tradisional Bali terhadap peningkatan VO2Max pada atlet basket putri yang dibuktikan dengan hasil uji Paired T-Test diperoleh nilai p < 0.05. Secara TCM, penerapan terapi pijat menggunakan teknik effleurage di lokasi meredian paru-paru yang berfungsi menstimulasi meredian dalam melancarkan Qi menuju organ tersebut. Sehingga secara tidak langsung terapi pijat juga membantu menstimulasi meridian tubuh sehingga dapat melancarkan aliran Qi dan darah di dalam meredian dan saluran peredaran darah. Terapi pijat tradisional Bali perlu diberikan kepada atlet sebagai salah satu upaya dalam pencegahan cedera maupun sebagai peningkatan kondisi fisik. Sehingga kemampuan otot dan organ tubuh dapat beradaptasi dan membantu dalam mempersiapkan kondisi fisik dan stamina pemain.

BACA JUGA: Pengaruh Pemberian Pijat Tradisional Bali Terhadap Kecepatan Pada Atlet Basket Putri Jawa Timur

***

Penulis: Asriana Fardha Aisyahbilla

Dosen Pembimbing: Edith Frederika Puruhito dan Dwi Setiani Sumardiko

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!