VOKASI UNAIR

Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis di RSUD Haji Jawa Timur

Praktek-Kerja-Lapangan-Mahasiswa-Teknologi-Laborat-Dwi-Nurlianita-

VOKASI NEWS – Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis di RSUD Haji Jawa Timur

Perkembangan teknologi yang sangat signifikan terlihat di segala aspek, khususnya di bidang kesehatan sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM). Para Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) dituntut untuk memiliki bekal pengalaman dan keterampilan di bidang laboratorium. Sebagai upaya untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan di bidang laboratorium. Oleh karenanya mahasiswa TLM semester V mengikuti suatu program wajib yakni PKL.

PKL yang dilaksanakan pada tanggal 6 November 2023 hingga 29 Desember 2023 dilakukan di beberapa rumah sakit. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur. RS Haji adalah rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jatim yang didirikan berkenaan dengan adanya peristiwa yang menimpa para Jamaah Haji di Terowongan Mina pada tahun 1990. Status RSUD Haji ini yakni rumah sakit tipe B pendidikan. RSUD ini memiliki berbagai jenis pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini meliputi Hematologi, Bank Darah, Kimia Klinik, Ruang Sampling, Urinologi, Bilik Swab, Imunologi, Lab CITO, Mikrobiologi, dan Patologi Anatomi.

Pelayanan dalam RSUD Haji Provinsi Jawa Timur meliputi pelayanan laboratorium CITO, pelayanan laboratorium 24 jam, pelayanan umum rujukan, dan lain-lain. Pada pelayanan laboratorium 24 jam ini, RSUD Haji Jatim melayani dalam rawat inap dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada pasien sehingga pihak dari laboratorium siap dan sigap dalam pemeriksaan sampel tersebut. Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan di Instalasi Laboratorium Patologi Klinik

Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan PKL di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur dilakukan setiap hari Senin hingga Minggu. Shift ini dibagi dalam tiga shift yang dimulai pada Shift pagi pukul 07.00 – 15.00, sore pukul 14.00 – 21.00 WIB, dan malam pukul 21.00 – 07.00 WIB.

Kegiatan PKL

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama praktik kerja lapangan yakni mulai dari pra analitik, analitik, dan pasca analitik. Pada tahapan pra-analitikm mahasiswa belajar untuk mengetahui apakah sampel layak untuk diperiksa. Kemudian mempelajari macam tabung vacutainer, dan memeriksa kelengkapan serta kesesuaian identitas pasien. Tahap analitik mahasiswa mempelajari bagaimana sampel yang layak untuk diproses, mengetahui banyak volume minimal sampel untuk dapat diproses dengan alat. Kemudian mengetahui pengoperasian alat untuk pemeriksaan, dan mengetahui terkait bagaimana kalibrasi dan quality control terhadap alat yang digunakan untuk pemeriksaan. Pada tahap pasca analitik, mahasiswa dapat mengetahui nilai kritis serta nilai normal terhadap parameter pemeriksaan. Apabila sampel tidak bisa dibaca oleh alat, maka yang dilakukan yakni memeriksa kembali sampel tersebut, memeriksa riwayat pasien, dan pemeriksaan bisa diulang dengan cara mengencerkan sampel dengan aquades.

Manfaat dan harapansetelah mengikuti PKL bagi mahasiswa adalah dapat menerapkan dari pelayanan, seperti komunikasi yang baik dengan pasien, ramah terhadap pasien dan petugas, memberikan senyuman kepada semua pasien serta petugas, disiplin, dan lain-lain. Kemudian dari segi analitik, mahasiswa dapat bekerja yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta mengerjakan sampel dengan cepat, teliti, dan tepat.

BACA JUGA: Mengenal Streptococcus agalactiae dan Jenis Infeksinya

***

Penulis :Dwi Nurlianita Sari

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!