VOKASI UNAIR

Herbal Infused Water dan Auriculopressure sebagai Terapi Mengatasi Obesitas Pada Wanita

HERBAL INFUSED WATER DAN AURICULOPRESSURE SEBAGAI TERAPI MENGATASI OBESITAS PADA WANITA - Bella Amanda L. Vicario

VOKASI NEWS – Obesitas merupakan suatu keadaan berat badan yang melebihi batas normal, salah satu faktor pemicunya karena asupan energi yang didapat tidak seimbang dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika obesitas ini tidak dikendalikan, akan menyebabkan naiknya risiko terkait dampak buruk pada tubuh. Oleh karenanya dirasa perlu dalam mengendalikannya, salah satunya dengan pemberian terapi infused water berbahan dasar herbal dan auriculopressure.

Infused Water

Pada era modern saat ini, infused water menjadi salah satu minuman yang digemari masyarakat. Infused water adalah air minum yang dimasukkan dengan tambahan potongan buah-buahan, sayur-sayuran atau bahkan rempah, sehingga sari-sari dari buah atau sayuran dan rempah, yang direndam dalam air putih akan keluar. Sari-sari tersebut akan memberikan cita rasa, dan mempunyai berbagai manfaat bagi yang meminum infused water tersebut. Pada perkembangan pengetahuan di era saat ini, herbal infused water menjadi salah satu upaya dalam mengatasi obesitas. Empat komponen didalamnya berisi ketumbar, kayu manis, jahe, dan kunyit.

Kandungan dalam Herbal Infused Water

Kunyit, ketumbar, kayu manis, dan jahe memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi masalah obesitas. Kunyit mengandung kurkumin yang efektif dalam menekan peradangan yang menghambat perubahan jaringan adiposa (sel lemak). Ketumbar memiliki efek sedang hingga lemah sebagai agen antiobesitas. Kayu manis dapat memberikan efek penghambatan terhadap aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan mengurangi lemak visceral. Jahe mengandung minyak atsiri termasuk terpenoid seperti zingiberene dan komponen pedas seperti gingerol, shogaol, dan zingerone yang dapat mengontrol nafsu makan, mungkin melalui pengikatan pada reseptor 5-HT2c di sistem saraf pusat.

Auriculopressure

Terapi aurikulopunktur atau aurikulopresur adalah metode terapi penekanan titik-titik akupunktur pada daun telinga yang dapat digunakan untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit. Terapi ini didasarkan pada pemahaman bahwa telinga luar mewakili semua bagian tubuh manusia. Termasuk organ dalam, dan menyediakan titik-titik akupunktur/akupresur yang sesuai dengan bagian-bagian tersebut. Mekanisme terapi auriculopressure secara traditional chinese medicine (TCM) yaitu untuk merangsang titik aurikular yang bertujuan untuk mengatur Qi dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh serta memacu kerja dari organ Zhang – Fu untuk proses penyembuhan.

Pada penerapannya untuk kasus obesitas, terdapat 4 titik auri yang dapat digunakan. Diantaranya pada area shenmen, lambung, dan titik lapar. Rangsangan pada area Shenmen dapat menstimulasi ramus auricularis nervus vagus dan meningkatkan serotonin level. Keduanya akan mengakibatkan menurunnya kontraksi otot polos pada lambung dan menekan nafsu makan. Rangsangan pada titik lapar berfungsi untuk menghilangkan rasa lapar dan nafsu makan. Sedangkan rangsangan pada area lambung untuk memperkuat dan menyelaraskan lambung, dan menguatkan rangsangan terapi dalam mengatasi obesitas.

Pemberian Terapi Herbal Infused Water dan Auriculopressure

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 14 hari pada dua kelompok subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Ditemukan bahwa pemberian herbal infused water terbukti dapat menurunkan indeks massa tubuh sebesar 1,21% dan lingkar pinggang sebesar 3,89%. Sedangkan pemberian auriculopressure dapat menurunkan indeks massa tubuh sebesar 1,42% dan lingkar pinggang sebesar 3,13%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian herbal infused water mampu menurunkan IMT lebih besar dibandingkan pemberian auriculopressure. Sedangkan pemberian auriculopressure mampu menurunkan lingkar pinggang (LP) lebih besar dibandingkan pemberian herbal infused water.

BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat: Jelajah Kualitas Citra MRI Tumor Kepala dan Leher Teknik STIR vs Dixon

***

Penulis: Bella Amanda Lurani Vicario

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!