VOKASI UNAIR

Kegunaan Virtual Grid pada X-Ray Portable dalam Pemeriksaan Foto Abdomen

Ilustrasi penelitian Kegunaan Virtual Grid/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kegunaan virtual grid pada X-ray portable dalam melakukan pemeriksaan foto X-ray abdomen.

Nyeri abdomen yaitu salah satu keluhan yang sering terjadi pada pasien di beberapa besar pusat pelayanan Kesehatan. Angka prevelensi nyeri di area abdomen berkisar antara 22-28%, di Amerika Serikat sendiri berkisar 5-10% pasiennya mengidap nyeri pada area abdomen. Nyeri abdomen terbagi menjadi 2, abdomen akut dan abdomen kronis. Kasus abdomen akut memerlukan tindakan yang cepat dan harus segera ditangani. Penanganan di instalasi radiologi pada keadaan darurat untuk menegakkan diagnosa seperti klinis abdomen akut biasanya dilakukan dengan pemeriksaan foto X-ray abdomen.

Apa itu X-ray portable?

X-ray mobile merupakan salah satu alat rontgen yang mampu bergerak kemana-mana. Selain itu, alat tersebut dapat dipindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya dikarenakan pesawat ini memiliki roda dan tiang tabung yang dapat dilipat sehingga memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam lift. Kelebihan dari pesawat X-ray mobile ialah dapat digunakan untuk pasien yang tidak dapat dipindahkan dari ruang perawatan ke instalasi radiologi. Hal ini dikarenakan pesawat X-ray mobile dapat dipindahkan dari ruangan yang berbeda di area rumah sakit, namun tidak dapat digunakan diluar dari area rumah sakit, dikarenakan bobotnya yang berat.

BACA JUGA : Optimisasi Dosis Radiasi dengan Menerapkan DRL Pada Pemeriksaan Radiologi Gigi

Teknologi kesehatan berkembang dengan cepat, terutama pada alat-alat medis, antara lain alat radiologi yang menggunakan radiasi pengion. Fujifilm mengeluarkan unit pesawat X-ray dalam bentuk portable pada tahun 2015. Unit pesawat ini dapat dibawa kemana-mana. Hal itu dikarenakan ukurannya yang kecil dan bobotnya yang tidak berat. Alhasil dapat mempermudah radiografer dalam mendiagnosis pasien dengan cepat. Khususnya bagi pasien darurat yang berada di lapas, panti jompo, penampungan tunawisma atau bagi pasien yang berada di daerah terpencil.

Grid Konvensional vs Virtual Grid

Adapun grid untuk mengurangi dan menyerap radiasi hambur berlebih yang dapat mempengaruhi hasil citra. Hal itu dikarenakan abdomen memiliki nomor atom yang tinggi. Grid sendiri ialah alat bantu pemeriksaan foto X-ray yang terdiri dari beberapa garis lempengan logam (biasanya timbal) yang disusun berjajar dan dipisah bahan penyekat. Tujuannya agar dapat ditembus X-ray.

Menurut jenisnya grid terbagi menjadi dua. Diantaranya ialah grid diam (grid yang biasanya diletakkan diatas kaset secara langsung) dan grid bergerak (grid yang sudah tertanam di bucky). Guna mempermudah pasien yang terkendala melakukan perjalanan ke rumah sakit, dikembangkanlah grid dalam bentuk software. Grid tersebut diberi nama virtual grid.

Virtual grid merupakan salah satu software yang dapat memproses data atau hasil citra yang mengubah kualitas citra memburuk diakibatkan oleh radiasi hambur menjadi kualitas citra yang lebih baik dengan mengurangi efek radiasi hambur. Demikian penelitian mahasiswa tentang kegunaan virtual grid dalam pemeriksaan X-Ray abdomen.

***

Penulis: Dzikri Zainuddin Aqsho – Teknologi Radiologi Pencitraan

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!