VOKASI UNAIR

Berpartisipasi Memeriahkan AEE 2024, Fakultas Vokasi Usung Tema VOCinema

Fakultas Vokasi mengangkat tema VOCinema dalam AEE 2024/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – VOCinema menjadi tema unik yang dibawakan oleh Fakultas Vokasi UNAIR dalam kegiatan AEE 2024.

Hampir bisa dipastikan, setiap tahun Universitas Airlangga menyelenggarakan Airlangga Education Expo (AEE). Acara tahunan yang digelar meriah tersebut mampu menjadi magnet yang menarik para siswa SMA/SMK sederajat. Bagaimana tidak, melalui AEE, siswa berkesempatan mendapatkan golden ticket untuk menempuh pendidikan di UNAIR. Selain itu, bagi siswa yang hadir dalam acara tersebut akan mudah mengakses informasi. Tentu informasi yang dapat diakses ialah seputar dunia perkuliahan. Misalnya informasi jalur masuk PTN, program studi, dan beasiswa. Manfaat itulah yang menjadi ‘gula’ bagi para siswa.

Bincang Bareng Rektor

Acara yang digelar pada Kamis (1/2) tersebut dihadiri oleh Rektor UNAIR, Prof. Dr. Mohammad Nasih., SE., MT., Ak. Adapun dalam kesempatan itu, rektor memberikan waktu terbuka bagi siswa untuk tanya-jawab. Seolah tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, ada puluhan siswa yang bertanya kepada Rektor UNAIR. Beragam pertanyaan diajukan, sebagian besar siswa menanyakan perihal kriteria penilaian dalam SNBP.

Kriteria penilaian dalam SNBP berupa indeks siswa dan indeks sekolah. Nilai raport siswa yang bersangkutan akan dikonversi menjadi indeks siswa. Ranking siswa sekolah juga menjadi salah satu penentunya. Kendati demikian mata pelajaran pendukung tak luput dari penilaian. “Misal memilih jurusan kedokteran maka mata pelajaran pendukung yang kami perhatikan adalah biologi dan kimia,” terang Prof Nasih. 

Indeks sekolah yang menjadi poin penilaian salah satunya keikutsertaan pada acara AEE. Selanjutnya, kualitas lulusan sekolah yang bersangkutan ketika menjadi mahasiswa di UNAIR.

“Penilaiannya juga seperti mengikutsertakan siswa pada olimpiade sains yang kita miliki. Semakin banyak mereka mengirimkan siswa untuk mengikuti olimpiade milik kami dan hasilnya baik maka indeks sekolah semakin baik,” 

ungkap Rektor UNAIR.

Bertempat di Airlangga Convention Center, AEE dikemas dengan nuansa meriah. Tidak hanya berbincang dengan Rektor UNAIR, siswa juga dapat mengunjungi booth yang telah disediakan. Adapun booth yang memeriahkan AEE dihuni oleh semua fakultas, direktorat, lembaga, dan sebagian milik swasta. Dari semua booth yang tersedia di Airlangga Convention Center, Fakultas Vokasi mampu menciptakan keunikan sehingga terlihat beda dari lainnya. Keunikan itu terbukti dengan banyaknya siswa yang rela berdesak-desakan untuk mengunjungi booth milik Fakultas Vokasi UNAIR.

Kreatifitas Tanpa Batas

Airlangga Education Expo tidak hanya menjadi sarana belajar bagi pelajar, namun bisa menjadi ajang menuangkan ide cemerlang bagi civitas akademika. Adanya booth yang diserahkan secara otonom kepada fakultas, menghasilkan berbagai karya yang berkualitas. Setiap fakultas berlomba untuk menjadi yang terbaik. Menghadirkan tema, nuansa, dan atmosfer yang menarik pada booth masing-masing.

Bagi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, adanya AEE 2024 menjadi ruang untuk berkreasi dan berinovasi. Tema booth yang diusung oleh Fakultas Vokasi dalam gelaran AEE 2024 adalah “VOCinema.” Booth dirancang hampir menyerupai studio film lengkap dengan aksesorisnya. Ada poster beberapa judul film yang ditempel pada dinding booth. Uniknya judul film tersebut merupakan hasil parodi dari film asli yang terkenal di Indonesia.

BACA JUGA: Kunjungan SMA Sejahtera 1 Depok di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Dessy Harisanty selaku Ketua Tim Branding Vokasi sekaligus penanggung jawab AEE Vokasi menjelaskan bahwa tema tersebut sengaja dipilih karena unik dan beda dari yang lain.  

“VOCinema ini dirancang memang untuk menciptakan kesan unik dan menarik minat para pengunjung, khususnya para pelajar yang hobi nonton film. Dari situlah ide itu muncul, hingga pada akhirnya kami eksekusi dengan baik. Kami berharap konsep atau tema VOCinema ini beda dari yang lain,” jelas Dessy, Kamis (1/2).

Setidaknya ada tiga judul film yang diparodikan oleh Fakultas Vokasi untuk keperluan AEE 2024. Diantaranya ialah Dilan, Gadis Kretek, dan Sherlock Holmes.Tidak hanya membuat poster film saja, Fakultas Vokasi juga menciptakan video pendek yang memperdalam karakter dari parodi poster film. Dari booth tersebut mencerminkan Vokasi merupakan fakultas yang kreatif, inovatif, dan edukatif.

***

Reporter dan Penulis : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!