VOKASI UNAIR

LKMM-TD 2024: Ajang Meningkatkan Keterampilan Organisasi Mahasiswa Vokasi

LKMM TINGKAT DASAR: AJANG MENINGKATKAN KETERAMPILAN ORGANISASI MAHASISWA VOKASI_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Pada Sabtu (24/2) Fakultas Vokasi menyelenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung A Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. LKMM-TD 2024 merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Fakultas dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan manajemen dalam berorganisasi. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat menyelenggarakan kegiatan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.

Penyampaian Materi LKMM-TD 2024

LKMM-TD Fakultas Vokasi dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, terdapat tujuh pemateri yang akan membekali mahasiswa dengan materi pelatihan yang bermanfaat. Adapun pemateri dan topik yang disampaikan sebagai berikut:

  1. Analisis Kondisi Lingkungan oleh Jiwangga Hadi Nata, S.E., M.SM.
  2. Perumusan Gagasan Awal oleh Tiara Kusumaningtyas, S.Hum., M.Hum
  3. Tolok Ukur Keberhasilan oleh Ajeng Rachma Pertiwi, S.E., M.S.A.
  4. Dasar-dasar Organisasi oleh Wahyu Firmandani, S.A., M.Ak., CPMA., CAPF.
  5. Pengorganisasian Kegiatan/Kepanitiaan oleh Dr. Drh. Miyayu Soneta, M. Vet.
  6. Komunikasi Antar Organisasi Unit Kerja oleh Hanifiyah Yuliatul Hijriah, S.E.I., M.SEI
  7. Perencanaan Jadwal Kerja oleh Edith Frederika Puruhito, S.KM., M.Sc

Kegiatan selanjutnya merupakan latihan. Dalam kegiatan latihan, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Sesi ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk menerapkan materi LKMM-TD ke dalam lingkup organisasi. Melalui sesi latihan, mahasiswa diharapkan dapat lebih baik lagi dalam menyusun, mengatur, dan mengelola kegiatan organisasi.

Keaktifan Peserta LKMM-TD

LKMM-TD pada hari pertama dihadiri sekitar 300 peserta.  Antusiasme peserta tidak hanya ditunjukkan dari jumlahnya yang banyak, namun juga keaktifan sepanjang kegiatan LKMM-TD 2024. Selama sesi penyampaian materi berlangsung, peserta selalu aktif mengajukan dan menjawab pertanyaan dari pemateri. Hal ini membuat suasana pelatihan menjadi lebih aktif dan menambah semangat peserta untuk mengetahui lebih dalam terkait materi yang disampaikan.

Dengan adanya kegiatan LKMM-TD 2024 ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi. Kemampuan manajemen organisasi yang baik akan mendorong terciptanya organisasi yang terstruktur dan lebih terarah. Selain itu, kemampuan ini juga akan berdampak pada program kerja atau agenda yang akan diselenggarakan organisasi. Dengan demikian, penting bagi mahasiswa untuk memiliki pemahaman mengenai manajemen organisasi.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan D4 Manajemen Perhotelan Bersama Dr. Velan Kunjuraman

***

Penulis: Galuh Candrawati

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!