VOKASI UNAIR

Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya: 56 Mahasiswa Bertukar Pengalaman di UNAIR Melalui Program PMM

56 Mahasiswa Mengikuti Program PMM di UNAIR/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Sebanyak 56 Mahasiswa bertukar pengalaman di Universitas Airlangga melalui Program PMM.

Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan acara pelepasan dan penyambutan mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) semester genap 2023/2024. Acara ini berlangsung pada hari Jumat, 23 Februari 2024 di Gedung Aula Fakultas Vokasi UNAIR pada 23 Februari 2024.

Sebanyak 56 mahasiswa PMM dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti program pertukaran pelajar di Fakultas Vokasi UNAIR selama 1 semester (6 bulan). Para mahasiswa ini berasal dari berbagai daerah, seperti Sumatera, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan 1, Prof. Tika Widiastuti, S.E., M.Si., Wakil Dekan 3, Bapak Novianto Edi Suharno, STT.Par., M.Si., Presiden BEM dan Wakil Presiden BEM Fakultas Vokasi UNAIR, para Koordinator Prodi, perwakilan tim dan staf MBKM Vokasi, serta para mahasiswa PMM.

Acara diawali dengan sambutan dari MC Duta Vokasi UNAIR, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga.

Pesan Wadek FV untuk Mahasiswa PMM

Dalam sambutannya, Ibu Prof. Tika Widiastuti, S.E., M.Si. menyampaikan beberapa informasi mengenai Fakultas Vokasi UNAIR. Diantaranya mengenai fasilitas kampus, serta amanat dan nasihat untuk para mahasiswa PMM.

“Kami harap para mahasiswa PMM dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar dan bertukar pengalaman dengan mahasiswa UNAIR. Kami juga berharap program ini dapat menjalin kerjasama dan kolaborasi antara Universitas Airlangga dengan perguruan tinggi lain di Indonesia,”

pesan Prof. Tika

Sementara itu, Wakil Dekan 3 FV Unair, Novianto Edi Suharno, STT.Par.,M.Si., dalam sambutannya menekankan pentingnya toleransi. Wadek 3 menekankan untuk saling menghormati antar mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Program PMM ini merupakan wujud nyata dari Bhinneka Tunggal Ika, di mana para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dapat berkumpul dan belajar bersama. Oleh karena itu, penting bagi para mahasiswa untuk saling menghormati perbedaan dan membangun rasa persatuan,”

tutur Novianto Edi Suharno, STT.Par., M.Si

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan mahasiswa PMM, Muhammad Willis Kurniawan dari Fakultas Teknik Elektro Prodi Robotika dan mengambil Prodi Teknik Informatika di FV Unair. Ungkapan terima kasih dan harapan kedepannya untuk mahasiswa PMM dan Universitas Airlangga.

Sambutan terakhir oleh Presiden BEM Fakultas Vokasi UNAIR Karsa Windu Prabowo. Acara ditutup dengan penyerahan plakat secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa PMM dan foto bersama di depan gedung Fakultas Vokasi.

Program PMM merupakan program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi asal. Diharapkan dengan adanya program ini, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mempererat hubungan antar perguruan tinggi di Indonesia.

BACA JUGA: LKMM-TD Fakultas Vokasi UNAIR Guna Meningkatkan Keterampilan Manajemen Mahasiswa

***

Reporter dan penulis: Aurora Shakila Ananda Syah

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!