VOKASI UNAIR

Definisi Rezeki Sudah Diatur, Kisah Perjuangan Jihan Elvina Dewi Lolos IISMAVO 2024

Kisah Perjuangan Jihan Elvina Dewi Lolos IISMAVO 2024/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kisah perjuangan  Jihan Elvina Dewi, Mahasiswa D3 Bahasa Inggris, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang lolos IISMAVO 2024.

Bagi seorang akademisi, pasti tidak asing mendengar kata IISMA. IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards adalah sebuah program mobilitas untuk mahasiwa jenjang perguruan tinggi yang memberikan pembelajaran kolaborasi bersama perguruan tinggi luar negeri selama satu semester. Program ini merupakan salah satu dari delapan program flagship di bawah kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebagaimana diketahui, MBKM didirikan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Pemerintah juga secara khusus menyediakan program tersebut untuk mahasiswa vokasi. Program itu diberi nama IISMAVO. Salah satu mahasiswa penerima program itu ialah Jihan Elvina Dewi.

Kisah Perjuangan Jihan Elvina Lolos IISMAVO

Jihan Elvina Dewi adalah salah satu mahasiswa program studi D3 Bahasa Inggris Fakultas Vokasi yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program IISMAVO 2024. Jihan dinyatakan lolos IISMAVO 2024 di University of Pécs, Hungary. Ada kisah unik dari Jihan ketika ia mengikuti program IISMAVO ini.

Saat diwawancara ia bercerita, “Awalnya aku tidak yakin ingin mengikuti program (IISMAVO) ini, tapi ketika mendekati deadline pengisian form tiba-tiba aku tergerak untuk ikut, kupikir kenapa aku tidak mencobanya saja? Toh ini adalah kesempatan yang hanya datang 1x saja.” tutur Jihan.

Awalnya Jihan ragu untuk mengikuti program ini, apalagi dengan persaingan yang sangat ketat. Ia sempat melihat beberapa CV pendaftar IISMA yang memiliki latar belakang prestasi yang memuaskan. Meski begitu, ternyata Jihan memiliki skor TOEIC yang mencapai 860.

Bemodalkan skill bahasa inggris, nilai TOEIC, dan achievement seadanya, Jihan membangun kepercayadirian yang tinggi sehingga ia tetap mencoba untuk mendaftarkan diri pada program IISMAVO 2024 tepat pada H-1 penutupan pendaftaran.

BACA JUGA: Penelitian Mahasiswa: Postur Leher Memengaruhi Nyeri Pada Leher

Siapa sangka, ketika pengumuman IISMA pada Rabu (20/3) lalu, Jihan dinyatakan diterima program IISMAVO di University of Pécs, Hungary dan akan memulai perjalanan exchange-nyaSeptember 2024 mendatang. Definisi kalau sudah rezeki tidak akan pernah terlewat, Jihan berhasil maju satu langkah dari ribuan mahasiswa yang mendaftar IISMA.

Congrats Jihan atas pencapaiannya!

***

Penulis : Fatikah Rachmadianty

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!