VOKASI UNAIR

Kejar Mimpi di Negeri Gingseng Melalui Program ISMAVO 2024

Kejar Mimpi di Negeri Gingseng Melalui Program ISMAVO 2024_Flickr

VOKASI NEWS – Mengejar mimpi hingga ke Negeri Gingseng oleh Tunjung Tri Fadillah, mahasiswa D3 Bahasa Inggris, melalui program IISMAVO 2024.

IISMAVO atau Indonesian International Students Mobility Awards Vocational merupakan sebuah program pertukaran pelajar khusus mahasiswa vokasi Indonesia di luar negeri. Program ini termasuk bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). IISMAVO diminati banyak mahasiswa termasuk mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Pada tahun ini, terdapat 6 (enam) mahasiswa Vokasi UNAIR yang lolos IISMAVO 2024. Salah satu peserta yang lolos tersebut adalah Tunjung Tri Fadillah dari Program Studi DIII Bahasa Inggris. 

IISMAVO Adalah Mimpiku

Tunjung Tri Fadillah atau Dillah memiliki mimpi sejak kecil agar dapat belajar di luar negeri. Sebelumnya sudah pernah mencoba untuk apply di beberapa program yang membuka kesempatan untuk belajar di luar negeri dan akhirnya diterima di IISMAVO 2024. Menurutnya, IISMAVO tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hal ini dikarenakan kesempatan tidak datang dua kali. Meskipun persiapan yang dilakukan lumayan mepet dengan timeline pendaftaran. Dillah mengaku tidak keberatan karena ini merupakan langkah yang harus dilaluinya agar dapat lolos IISMAVO.

Hanyang University

Alasan Dillah memiliki Hanyang University karena ingin menambah pengalaman di negeri gingseng ini. Kesukaannya pada K-Drama dan kebudayaan Korea yang multikultural menjadi pertimbangannya dalam memilih universitas tujuan. Alasan lainnya adalah ingin menantang diri belajar di universitas dengan budaya yang berbeda.

Jurusan jurnalistik menjadi pilihan Dillah karena memiliki cita-cita ingin menjadi jurnalis. Dillah mengaku bahwa menulis adalah hobinya. Hal ini dibuktikan dari blog pribadi yang dimiliki. Selain itu, kedua orang tuanya juga suka menonton berita, sehingga dia menajdi lebih tau mengenai bidang jurnalistik. Salah satu role model yang menjadi inspirasinya adalah Najwa Shihab. Dillah mengaku menyukai Najwa Shihab karena sangat pandai dalam membawakan berita dan kritis terhadap permasalahan di Indonesia. 

Tips Lolos IISMAVO Ala Dillah

Pada wawancara kemarin, Dillah juga menyampaikan beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan dalam mendaftar IISMAVO. Berikut adalah tips lolos IISMAVO menurutnya:

  1. Cari Tujuan atau Motivasi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tujuan dan motivasi mengikuti IISMAVO, seperti apa yang ingin dicapai.
  2. Persiapankan Tes Kemampuan Inggris dari Awal. Tes kemampuan bahasa inggris seharusnya dilakukan sedini mungkin. Hal ini untuk menghindari adanya kesulitan dalam mencari jadwal tes, atau hasil tes yang mungkin kurang dari standar nilai. Persiapan yang lebih awal akan memudahkan dalam mengevaluasi tingkat kemampuan bahasa inggris dapat masih ada kesempatan untuk mencoba lagi hingga mendaptkan hasil yang terbaik.
  3. Persiapkan Esai Sejak Awal. Penyusunan esai juga harus dilakukan dari awal agar dapat dievaluasi lagi terkait isinya. Esai biasanya sama dengan tahun lalu, jadi bisa melihat essay awardee IISMAVO tahun lalu sebagai referensi. Selain itu, saat menulis esai jadilah dirimu sendiri. Cari sisi positif dari diri sendiri, namun jangan terlalu berlebihan dan menyampaikan hal yang tidak sesuai dengan faktanya. Jadikan kelebihan dan kekurangan sebagai sebuah keunikan yang dapat menjadi dasar untuk branding diri. 

Jangan takut untuk mencoba, kita nggak tau rezeki kita dimana. Jadi kita harus jemput rezeki itu karena kesempatan nggak datang 2 kali. Kalau nggak sekarang kapan lagi? Jadi harus berani ambil resiko dan mencoba hal baru,” 11

pesan Tunjung Tri Fadillah

***

BACA JUGA: Berbagi Kebersamaan Ramadhan, Hima English Diploma Mengadakan Kegiatan “Edso Social Expedition”

Penulis: Galuh Candrawati

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!