VOKASI UNAIR

Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis Magang Kerja di RSUD Gambiran Kediri

Mahasiswa D-III TLM Magang Kerja di RSUD Gambiran Kediri/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Mahasiswa D-III TLM (Teknologi Laboratorium Medis) menjalankan magang kerja di laboratorium RSUD Gambiran, Kediri.

Magang kerja merupakan bagian dari pembelajaran di luar kelas mahasiswa. Tujuan dilakukan kegiatan tersebut ialah mengasah keterampilan mahasiswa di ruang lingkup dunia kerja yang sebenarnya. Melalui kegiatan itu, mahasiswa dilatih untuk menjalin hubungan intensif layaknya karyawan dengan perusahaan, pegawai dengan instansi. Hal itu menjadi bekal yang penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan diri. Tentu sangat berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja pasca kuliah.

Universitas Airlangga menempatkan program magang sebagai salah satu program wajib bagi mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada tanggal 05 Februari – 15 Maret 2024. Berjalan selama enam minggu, magang kerja dilakukan mahasiswa semester enam. Salah satu tempat magang kerja bagi mahasiswa D-III TLM ialah RSUD Gambiran.

Tentang RSUD Gambiran

Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kota Kediri dengan akreditasi PARIPURNA.  Secara historis, rumah sakit tersebut dibangun oleh Belanda pada tahun 1875. Mulai dikembangkan pada tahun 1928, RSUD Gambiran merupakan rumah sakit pertama di Daerah Karesidenan Kediri. Tak heran jika pada waktu itu menjadi pusat rujukan kesehatan penduduk daerah – daerah sekitarnya di Karesidenan Kediri yang bertempat di JL.Kapt. Piere Tendean No.16 Kota Kediri.

Salah satu fasilitas dan layanan yang dimiliki RSUD Gambiran ialah instalasi laboratorium. Adapun instalasi laboratorium tersebut meliputi patologi klinik, mikrobiologi dan patologi anatomi. Laboratorium RSUD Gambiran dilengkapi alat-alat laboratorium yang canggih, antara lain Urine Auto Analyzer, Chemistry Auto Analyzer, Hematology, Immunochemistry Auto Analyzer, HB Immunochemistry Auto Analyzer, dll.

Pada kegiatan magang ini dilakukan pada laboratorium patologi klinik yang berada di bawah naungan dokter spesialis patologi klinik.

Magang Kerja Mahasiswa

Kegiatan magang kerja yang dilakukan mahasiswa yaitu meliputi tahap pra analitik, analitik, dan pasca analitik. Pada tahap pra analitik mahasiswa diberi tugas untuk melakukan pembukuan sampel yang datang dari ruangan rawat inap dan mencocokan identitas pasien saat sampling, pemeriksaan gula darah acak, dan swab antigen. Pada tahap analitik mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan pemeriksaan hematologi, kimia klinik, imunologi, dan urinalisis. Tahap analitik mahasiswa mempelajari cara mengoperasikan alat alat yang digunakan untuk pemeriksaan sampel yang dibutuhkan. mahasiswa juga mempelajari cara kalibrasi atau quality control alat alat yang digunakan untuk pemeriksaan. Pada tahap pasca analitik mahasiswa diberi kesempatan menyampaikan hasil pemeriksaan tertentu kepada ATLM untuk dimasukkan ke dalam Laboratorium Information System (LIS) RSUD Gambiran.

BACA JUGA: Cegah Diabetes Mellitus Sebelum Terlambat dengan Melakukan Pemeriksaan HbA1c Secara Cepat dan Mudah di RSUD dr. R. Soeprapto Cepu

Tujuan dari magang kerja ini merupakan kesempatan kepada mahasiswa melakukan dan mempraktekkan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di lingkungan kampus, disertai dengan sikap profesional di bidang laboratorium. Terlaksananya magang kerja ini diharapkan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi yang baik dengan pasien, menerapkan pelayanan yang baik, dan mematuhi SOP dalam pengerjaan sampel maupun dari instansi Rumah Sakit.

***

Penulis: Ula Wilda Nin Naila Nuris dan Intan Palupi Setyawan

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!