VOKASI UNAIR

Webinar Nasional: “Kesiapsiagaan dan Kegawatdaruratan Bencana”

Kesiapsiagaan dan Kegawatdaruratan Bencana/ dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kegiatan Webinar Nasional yang diselenggarakan HIMA D3 Keperawatan Fakultas Vokasi UNAIR.

Pada Minggu, 24 Maret 2024 HIMA D3 Keperawatan UNAIR menyelenggarakan Webinar Nasional dengan mengangkat tema “Kesiapsiagaan dan Kegawatdaruratan Bencana”, webinar ini merupakan suatu kegiatan positif yakni sosialisasi mengenai penjelasan dan cara-cara untuk menghadapi situasi kegawatdaruratan dan bencana. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat umum di seluruh Indonesia. Dengan jumlah partisipan sebanyak 100 peserta dari luar UNAIR dan 315 peserta dari UNAIR sendiri, sehingga total peserta sebanyak 415 peserta.

Indonesia Sebagai Negara Rawan Bencana Alam

Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap berbagai jenis bencana alam dan non alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, tanah longsor, kebakaran, kecelakaan, terorisme, dan lain-lain. Aspek penting dalam penanggulangan bencana adalah keadaan darurat. Keadaan darurat adalah situasi yang memerlukan tindakan segera untuk menyelamatkan nyawa, mencegah kecacatan, dan mengatasi gangguan kesehatan akibat bencana. Keadaan darurat dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Namun, kenyataannya masih banyak pihak yang belum memiliki keterampilan atau pengetahuan yang memadai untuk menghadapi keadaan darurat. Hal ini dapat berakibat fatal seperti keterlambatan penyelamatan, tindakan yang salah, dan bahkan meningkatnya angka kematian dan kecacatan.

Oleh karena itu, kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan motivasi kepada masyarakat dalam menghadapi keadaan darurat dan bencana. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat dan kesiapsiagaan bencana. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan medis di Indonesia dan menurunkan angka kematian dan kecacatan akibat bencana.

Dua Materi yang Menarik

Webinar ini diisi oleh dua pemateri yang berpengalaman yaitu pemateri pertama oleh Dr. Fanni Okviasanti, S.Kep., NS.,M.Kep., selaku dosen Universitas Airlangga. Dengan materi “Kesiapsiagaan Bencana: Pemahaman dan Penanggulangan Bencana”. Dan materi kedua disampaikan oleh Mukhamad Fathoni, S.Kep., NS., MNS., selaku dosen Universitas Brawijaya. Dengan judul materi, “Langkah- Langkah Praktis Saat Menghadapi Bencana”.

Untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan, panitia menyediakan games berupa quiz. Quiz ini berisikan pertanyaan mengenai materi telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian untuk teknis mengerjakan quiz nya adalah dengan melalui quizizz dan peserta yang mendapat 3 peringkat teratas akan menjadi pemenangnya. Peserta dengan peringkat teratas akan mendapatkan reward dari panitia sebagai bentuk apresiasi dari hasil pemahaman yang telah diperoleh. Tak hanya itu, panitia juga memberikan reward kepada 3 peserta teraktif dalam webinar ini. Peserta webinar sangat antusias dengan kegiatan webinar ini. Serta peserta juga berharap webinar ini bisa menjadi kegiatan rutin dengan tema yang berkesinambungan

BACA JUGA : HIMTI Berbagi: Wujud Kepedulian Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Airlangga

***

Penulis : Anggia Raras Paramita dan Amanda Putri Aprilia

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!