VOKASI UNAIR

Peran Senam Yoga Untuk Menjaga Keseimbangan Pada Wanita Lanjut Usia

VOKASI NEWS – Lansia atau lanjut usia merupakan kelompok wanita yang berada di tahap akhir dari siklus kehidupan manusia.

Beranjak tua merupakan proses alamiah, yang berarti seseorang akan melewati tiga tahap dalam kehidupannya yaitu masa anak-anak, dewasa dan juga tua. Wanita memiliki susunan anatomis tubuh yang berbeda dengan laki-laki. Perbedaan ini dapat dilihat dari berbagai aspek seperti kekuatan, kecepatan, kelincahan atau keseimbangan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dari segi keseimbangan, dalah satu perbedaan antara laki-laki dan adalah massa otot perempuan yang lebih rendah. Bentuk panggul yang lebih lebar, serta sendi yang lebih elastis daripada laki-laki yang lebih kokoh untuk menopang tubuh.

BACA JUGA: Campus Visit MAN Kota Batu ke Fakultas Vokasi Universitas Airlangga: Menjelajahi Peluang Masa Depan dengan Pendidikan Vokasi

Pada lansia wanita seringkali mengalami penurunan kemampuan fisik yang lebih cepat dibandingkan dengan lansia pria. Hal tersebut karena lansia wanita telah mengalami menopause dapat menyebabkan perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi kondisi fisik dan emosional seseorang. Lansia akan terus mengalami penurunan kemampuan fisik dimana terjadi penurunan massa otot, kekuatan tulang, dan juga menurunnya keseimbangan. 

Di tengah meningkatnya populasi lansia di Indonesia, menjaga kesehatan dan keseimbangan menjadi prioritas utama untuk mengurangi resiko jatuh yang sering terjadi pada usia lanjut. Keseimbangan merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan saat melakukan gerakan atau aktivitas yang melibatkan perubahan posisi tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi wanita lanjut usia untuk mempertimbangkan senam yoga sebagai bagian dari rutinitas harian mereka untuk menjaga kualitas hidup yang lebih tinggi.

Kegiatan Senam Yoga Bagi Lanjut Usia

Senam yoga merupakan gerakan yang dilakukan oleh tubuh dan juga pikiran yang sangat fokus pada kekuatan dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental, postur, dan gerakan-gerakan yang ada dalam senam yoga. Kegiatan ini menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa melalui suatu olah tubuh tertentu, pengaturan pernapasan, dan meditasi. Metode pelatihan mengenai senam yoga yang dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan seseorang terutama pada wanita menekankan pada pikiran, gerakan fisik dan pernapasan. Dalam senam yoga, koordinasi gerakan yang melibatkan berbagai otot membantu menciptakan stabilitas dan fleksibilitas yang lebih baik. Dengan begitu, dapat meningkatkan keseimbangan bagi lansia khususnya wanita. 

Aktivitas senam yoga dapat dinikmati oleh semua kalangan usia, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, lansia, dan bahkan mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Latihan yoga melibatkan teknik bernafas, relaksasi, meditasi, dan peregangan. Senam yoga menekankan kombinasi aktivitas yang meliputi peregangan, penekukan, fokus, penekanan, pernapasan, kekuatan, ketahanan, keseimbangan, dan kesadaran. Senam yoga dapat dijalani oleh berbagai kalangan usia, terutama wanita muda dan lansia, karena gerakannya cenderung ringan. Gerakan senam yoga difokuskan pada peregangan tubuh dan pengaturan pernapasan yang tepat. Peregangan merupakan cara alami untuk mengurangi ketegangan dalam berbagai kelompok otot. Ketika dikombinasikan dengan teknik pernapasan yang benar, peregangan dapat mengurangi stres pada sistem saraf dan meningkatkan energi.

Senam Yoga Dan Keseimbangan

Dari penelitian yang dilakukan, latihan senam yoga secara rutin dapat memperkuat otot-otot yang lemah, memperbaiki fleksibilitas, meningkatkan tonus otot, serta dapat meningkatkan sistem vestibular dan sistem proprioseptif . Sistem memberi informasi berupa tekanan, kontraksi otot pada sendi. Reseptor sistem proprioseptif adalah muscle spindle yang berperan dalam meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, serta massa otot (Costa et al,. 2016). Melakukan senam yoga secara teratur dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh antara lain sebagai berikut: 

  1. Meningkatkan keseimbangan tubuh yakni melalui latihan yang terstruktur dan fokus pada koordinasi gerakan serta pernapasan. Senam yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh, membantu mengurangi risiko jatuh dan cedera. 
  2. Meningkatkan kualitas tidur yakni dengan senam yoga dapat membantu mengurangi stres, ketegangan, dan kegelisahan, menciptakan kondisi yang lebih baik untuk tidur yang berkualitas dan nyenyak. 
  3. Meningkatkan fungsi hormonal yakni dengan mengatur pernapasan dan gerakan yang terkoordinasi. Senam yoga dapat membantu memperbaiki keseimbangan hormonal dalam tubuh, yang berkontribusi pada kesehatan hormonal yang optimal. 
  4. Meningkatkan sirkulasi darah. Gerakan dalam senam yoga dapat merangsang sirkulasi darah ke otak dan seluruh tubuh. Selanjutnya membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 
  5. Membentuk postur tubuh yang baik: Melalui latihan peregangan, penekanan, dan pernapasan yang terarah, senam yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas otot, dan memperkuat inti tubuh, sehingga menciptakan postur yang lebih tegap dan seimbang. 
  6. Meningkatkan kapasitas paru-paru: Teknik pernapasan dalam senam yoga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan efisiensi pernapasan, yang berdampak pada peningkatan kesehatan paru-paru dan peningkatan energi.

***

Penulis : Karinda Nilam Maulina

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!