VOKASI UNAIR

Tantangan dan Pengalaman Magang Kerja di Laboratorium RSPAL dr. Ramelan Surabaya Selama Bulan Puasa

Tantangan dan Pengalaman Magang Kerja di Laboratorium RSPAL dr. Ramelan Surabaya Selama Bulan Puasa_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Pengalaman magang kerja mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis selama bulan ramadhan di Laboratorium RSPAL Dr. Ramelan Surabaya.

Kegiatan magang merupakan sarana latihan kerja bagi mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis dalam meningkatkan pemahaman,  penghayatan, dan keterampilan dibidang kesehatan khususnya ATLM. Program magang merupakan bentuk kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menerapkan ilmunya, mendapatkan wawasan, dan pengalaman praktik melalui kegiatan nyata di dunia kerja.

Kegiatan magang ditujukan agar mahasiswa mendapatkan hardskill berupa problem solving, keterampilan, dan terbiasa berpikir kritis serta mendapatkan soft skill seperti kemampuan komunikasi, bekerja sama, etika kerja, dan lain-lain sebagai bekal sebelum bekerja di tengah masyarakat. Magang kerja program studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis memiliki bobot sebesar 6 SKS yang ditempuh dalam waktu satu semester. 

Kegiatan Magang Kerja di Laboratorium RSPAL dr. Ramelan Surabaya dilakukan selama 6 minggu atau sama dengan 1,5 bulan. Kegiatan magang dilaksanakan pada tanggal 19 Februari hingga 29 Maret 2024. Selama 6 minggu tersebut Mahasiswa DIII Teknologi Laboratorium Medis menjalankan magang kerja di beberapa departemen. Salah satunya departemen penunjang klinik sub departemen patologi anatomi dan sub departemen patologi klinik RSPAL dr. Ramelan.

Selama magang kerja tersebut para mahasiswa dibagi menjadi 3 shift, yakni shift pagi yang dimulai pada pukul 07.00 hingga 13.00. Kemudian shift siang yang dimulai pada pukul 14.00 hingga 21.00. Yang terakhir yaitu shift malam yang dimulai pada pukul 21.00 hingga 07.00. Setiap shift berisikan 5 orang yang telah dibagi oleh pembimbing magang. 

Kegiatan Magang Selama Bulan Ramadhan

Pada Magang Kerja kali ini terasa berbeda suasananya dikarenakan bersamaan dengan bulan Ramadhan atau bulan puasa. Bulan puasa membawa tantangan tersendiri bagi para magang yang berada dalam lingkungan kerja. Sambil menjalankan tanggung jawab profesional, mereka juga harus menyesuaikan diri dengan perubahan jadwal dan kebiasaan selama bulan suci ini.

Beberapa tantangan yang dihadapi oleh para mahasiswa yang pertama ketika shift pagi suasananya masih mengantuk dikarenakan sehabis sahur langsung mempersiapkan diri untuk berangkat magang. Lalu yang kedua ketika shift siang tantangannya ialah menerjang panasnya sinar matahari Surabaya yang terik. Yang terakhir ketika shift malam tantangan yang harus dihadapi adalah bangun dan memasak untuk sahur. Namun tantangan-tantangan tersebut telah berhasil dilewati bersama-sama selama hampir satu bulan. Para mahasiswa saling mengingatkan dan menyemangati antar satu sama lain agar tetap semangat. 

Pengalaman Menyenangkan Mahasiswa di Bulan Ramadhan

Magang selama bulan puasa dapat menjadi pengalaman yang unik bagi banyak individu. Menurut mahasiswa sendiri, pengalaman terseru ketika menjalani magang di bulan puasa ialah mencari takjil, berbuka bersama, dan sahur bersama. Adzan maghrib atau waktu berbuka merupakan waktu yang paling ditunggu tunggu para mahasiswa di bulan puasa. Ketika menjelang adzan maghrib mahasiswa diizinkan oleh pembimbing magang untuk mencari takjil di jalanan sekitar RSPAL dr Ramelan.

Disini para mahasiswa menjelajahi para pedagang kaki lima dari daerah Bendul hingga Jagir. Disitulah kesabaran para mahasiswa diuji karena ketika membeli makanan harus antre panjang. Namun hal itu lah yang membuat pengalaman ini menjadi seru karena bisa mencoba jajanan jajanan tersebut untuk berbuka puasa. Seperti pada gambar dibawah para mahasiswa telah membeli banyak takjil untuk berbuka puasa.

Gambar 1. Mahasiswa Magang Mencari Takjil

BACA JUGA: Hubungan Sudut Fleksi Lutut dan Tinggi Loncatan Spike Pemain Bola Voli

Setelah membeli banyak makanan untuk berbuka puasa, para mahasiswa melakukan buka bersama di pantry Laboratorium RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Lalu sehabis berbuka para mahasiswa menjalani sholat maghrib berjamaah dan setelah selesai para mahasiswa kembali lagi bekerja di stase masing-masing. Waktu berlalu dan telah menunjukkan waktu untuk pulang. Keesokan harinya para mahasiswa tersebut memiliki jadwal jaga malam.

Tulisan diatas merupakan berbagai tantangan dan pengalaman yang dirasakan para mahasiswa magang kerja RSPAL dr. Ramelan. Harapannya ketika melalui setiap tantangan yang telah dihadapi selama bulan puasa, para mahasiswa memperoleh pelajaran berharga tentang kesabaran dan adaptasi. Pengalaman ini tidak hanya membentuk profesionalisme para mahasiswa, tetapi juga mengukuhkan kerjasama tim serta rasa saling pengertian di lingkungan kerja. Semoga pengalaman ini menjadi landasan yang kuat untuk kemajuan dan kesuksesan para mahasiswa di masa depan.

***

Penulis: Adinda Putri Anggraeni

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!